Standar Gaji & Tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

24 01 2008

Beberapa bulan kemaren, banyak sekali lowongan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Setelah jadi PNS berapa sih gaji dan tunjangan yang diterima ???

Sebenarnya aku juga penasaran, tapi gak tahu harus tanya ke siapa. Karena masalah gaji dan tunjangan termasuk masalah sensitif jadi banyak yang tidak mau cerita.

Tapi kemaren disalah satu milis yang aku ikuti, ada seorang PNS yang memberikan informasi standar gaji dan tunjangan rata-rata seorang PNS.

Ini Ceritanya…

Pada umumnya memang semua gaji pokok PNS semua sama, yang membedakan tunjangan masing-masing adalah instansi terkait.

Sebagai contoh:

Saya bekerja di BPPT dengan masa kerja 10 tahun dengan golongan III-C, gaji yang saya terima:

  • Gaji Pokok Rp.1.316.800
  • Tunjangan Intern BPPT Rp. 563.818
  • Uang Makan Rp. 10.000/hari, sebelum pajak dan tergantung jumlah kehadiran.
  • Total tiap bulan gaji yang saya terima sekitar 2 jutaan

.

Suami saya bekerja di MENPAN dengan masa kerja 10 tahun dengan golongan III-B, selain gaji pokok, tunjangan istri dan anak (saya gak begitu hafal jumlahnya, tapi semuanya sudah standar) ditambah tunjangan intern sekitar 1,2 juta-an. Jadi totalnya sekitar Rp. 2,8 juta-an.

  • Tunjangan istri (10% dari gaji pokok)
  • Tunjangan anak (5% dari gaji pokok)

Sumber: TK

About these ads

Aksi

Information

62 responses

25 01 2008
Mari Miranti Hapsari

Jumlah yang cukup banyak kalaulah kebutuhan-kebutuhan primer (bagi rakyat) yg jadi tanggung jawab pemerintah dipenuhi dengan sebenar dan sebaik-baiknya.

Harga-harga tentu tidak akan mencekik leher seperti sekarang ini. Apalagi ongkos kesehatan, yg sudah lazim dikenal istilah: ” orang mizkin jangan sakit, daripada sakit mati aja sekalian”

25 01 2008
bloGEsam

Kok tumben kamu serius Mar ??? Jangan-jangan ini salah satu kampanye agar dipilih menjadi gubernur ???? hehehehe…

Aku setuju ama kamu Mar, selama ini seringkali kenaikan gaji PNS diiringi dengan kenaikan harga2 kebutuhan pokok. Dan kalo diitung-itung sebenarnya gak ada kenaikan, yang ada hanyalah “penyesuaian”.

27 02 2008
papabonbon

lho, dari proyekan belum dihitung ? kan jumlahnya bisa 1x – 2x dari gaji, lho … soalnya gaji seringkali gak disentuh, tapi diendapkan saja di tabungan.

28 02 2008
bloGEsam

Hahaha… kayaknya udah pengalaman nih…. :p

19 08 2008
agung

gaji rata-rata 2jutaan setiap bulan saja masih ngeluh, coba liat pegawai pabrik harga sesuai dengan UMR, rata2 750rb. mereka mampu hidup dengan baik, mereka menikmati…miris juga, melihat pegawai diknas(palembang) santai baca koran saat jam kerja/ato ngerumpi….ada lagi ini pengalaman, seorang ibu pekerjaan PNS(guru),dengan dua anak, suami PNS diknas Kecamatan,…suaminya sebenar nya bisa untuk menempati salah satu bagian di Diknas Kotamadya Palembang,secara otomatis bisa jadi naik pangkat ato setidaknya lebih tinggi… tapi di tolak dengan alasan kurang suasana kekeluargaan…yang pasti klo sudah ke kota madya otomatis tambah pekerjaan.. saya jadi berpikir apakah kenyamanan diri sendiri saja yang diutamakan jadi PNS..ato pikiran kerja ato enggak juga gaji tetap segitu…. ini salah satu bukti bahwa kinerja pns sekarang ini sudah tidak bagus.. belum tentu dengan naiknya gaji mereka akan meningkat kn pelayanan kepada dunia pendidikan… namun malah memperburuk citra korps PNS….karena dengan alasan klasik … gaji tidak memadai… bagaimana dengan PNS yang dipelosok dengan fasilitas sangat minim!!!!!!! PNS kota termasuk kategori C…saluttt untuk PNS dipelosokdengan fasilitas minim mampu menghasilkan kualitas yang terbaik…..

25 06 2009
ryan

setuju mas,
mari kita doakan bersama, agar dikuatkan bagi mereka yang menerima dan bersyukur.
mari kita bantu sadarkan mereka yang terus menerus merasa kurang dan tidak puas, dan juga kita doakan agar ALLAH SWT memberikan hidayah syukur dan membuka hati agar mau berbagi dan memperhatikan orang disekitarnya.
hanya ALLAH SWT mas, yang memiliki kuasa itu.

14 10 2008
ali

beda orang beda prinsip lho pak
saya sendiri pernah kerja 5 tahun di pers. swasta asing dan pas iseng iseng
ikut tes PNS salah 1 dept. teknis di pusat alhamdulillah bisa masuk.
Pikiran saya PNS banyak juga yg makmur, jadilah saya merantau dari sby ke jkt persis di depan gambir. ternyata eh ternyata jadi pns itu ga gampang. disamping gaji minim di jkt, budaya yg “ndoro ndoroan” membuat saya yg udah pernah kerja di swasta rada kerepotan sendiri. Memang sih ada pendapatan lain lain yg awal2 aja udah lebih dari 2x gaji. tapi tetep ga bisa nutup biaya hidup di jkt dan susah sekali membangun idealisme di pns. Harus baik (ha ha hi hi) sana sini agar karir mengkilat. akhirnya ya saia memilih mundur persis 1 bulan sebelum upacara pelantikan 100% . he he

21 10 2013
Joko

Buat Mas Ali yg sempet kerja di Dephub pusat, bisa di share donk kira2 THP perbulan brp? (include sppd dll). soalnya ada rencana mo ikut tes 3 nov 2013 utk posisi Seksi Program dan Standarisasi Peralatan dan
Utilitas Bandar Udara – Dit. Bandar Udara di KemenHub.
FYI skrg aku jg kerja di PJBS, jd mo bandingin dulu THP di Kemenhub ama PJBS beda banyak ato gak, klo beda tipis ya mending tetep di PJBS. Soalnya biaya hidup di Jkt sampeyan ngerti sndiri kan. Btw dulu sempet di PJBS ya? Angkatan MT 1?

15 10 2008
bloGEsam

@agung:
Emang sih klo secara umum, mungkin citra PNS gak seberapa bagus… tp aq yakin gak semuanya seperti itu… banyak juga yg breprestasi dan memberikan kinerja yang positif.

@ali:
“ndoro ndoroan’ hehehe… ini yg harus diberantas… karna dlam bekerja yg dibutuhkan adalah kerjasama tim… Kok keluar ?? padahal banyak sekali yg mengidam-idamkan masuk PNS… terus sekarang kerja dimana boss ???

15 10 2008
ali

Sekarang ya balik lagi ke Surabaya. ngarit di Pabrik yg lama lagi, untung masih mau nerima saya balik he he. Sempat juga kemaren diterima di BUMN yg kantore di sby (PJBS) tapi ya ta lepas lagi la wong ra cocok bayarane.
Yah mau ngingetin aj buat yg masih pengen jadi PNS. Mungkin kita tergoda kalo lihat pejabat yg sudah makmur, tapi jalan menuju kesana sungguh tidak mudah dan laaaaaaaaamaaaa, apalagi utk orang yg sudah punya ritme kerja sendiri (pengalaman).
Mungkin kalo dari Fresh grd. tidak terlalu masalah karna masih mudah dibentuk. Dan setahu saya hanya departemen tertentu dgn posisi tertentu yg bisa hidup makmur. Apalagi yg kena penempatan di daerah aneh aneh, ga jadi tenang malah bingung dewe.

17 10 2008
bloGEsam

@ali:
yup… emang kalo kerja gak sesuai selera malah bikin sengsara… lebih baik kerja sesuai selera meskipun gaji kecil… hehehe…

21 10 2008
resi bismo

jadi pegawai negeri itu pengabdian (TNI, PNS dan Dosen/Guru). Seperti hanya emak saya yang mengabdi selama 36 tahun sebagai pegawai kroco di salah satu departemen. Kalau mau bertahan hidup dengan gaji saja tentu tidak nutup, perlu “nyambi” diluar jam kantor, akhirnya sebagai sambilan ya dagang. FYI setelah pensiun dapet 1 jt sebulan. Alhamdulillah kata beliau….

23 10 2008
bloGEsam

@resibimo:
Cukup gak cukup itu relatif, tergantung cara pengaturannya… palagi kalo kreatif dgn nyambi diluar, Insya Allah mampu mencukupi… palagi saat ini pemerintah perhatian bgt ma kesejahteraan PNS.

24 10 2008
ali

betul, dari awal mmang jadi PNS itu peng”abdi”an, seperti kata bapak ibu saya. Kalo mau hidup rada cepet sejahtera ya jgn coba2 jadi PNS. PNS juga dituntut kreatif itu juga betul. Sayangnya banyak sekali (almost all) yg ujung ujungnya jadi Korupsi, yg paling gampang ya korupsi waktu sampai dgn yg penyalah gunaan jabatan. Biasa bgt liat teman sekantor jualan baju sampai parfum mobil pas jam kerja.Yg lebih parah kalo ikut satker (proyek), semua bisa dimainkan…pokoke uenak lah, kalo tega makannya sih. Atasan saya nyambi jadi dosen, tiap hari selasa dan rabu pasti ga masuk he he. Itulah enaknya pns, cuti resmi cuman 12 hari, tapi kalo ijin tidak terbatas. Saya sendiri dapat dispensasi masuk cuman 3 hari seminggu! selasa sampai kamis tok karena tiap minggu harus PP SBY-JKT karna nganter bokap berobat.

5 11 2008
Kingkong

Hallo Bos mau nanya, emang bisa setelah lulus test dan diterima menjadi PNS bisa mengundurkan diri ?? bukannya ada dendanya 10 jutaan seperti di depperin?? pengen tau aja kalo masuk PNS dan kalo gak cocok kan bisa keluar.. Thanx

12 11 2008
gurungeblog

memang harus rajin nyambi nyambi..
kalau gak, ya susah, jaman kayak gini…
nasib ya nasib PNS..

16 12 2008
Eka

Standar kesejahteraan hidup di Jakarta menurut saya adalah minimal 3 juta. Gaji segitu kerja di bilangan Thamrin (mis. BPPT) dijamin gak bakal hidup layak. Seharusnya pemerintah memperhatikan atau memprioritaskan pegawai negeri yang bekerjanya lebih banyak menggunakan otak, seperti insinyur BPPT, dosen dan guru misalnya. Dimana – mana diseluruh dunia anggaran negara berkembang menuju negara maju untuk Research & Development adalah terbesar, nomor 2 pendidikan dan kesehatan, nomor 3 hankam. Itupun dengan catatan hasil R&D negara benar2 dimanfaatkan demi kesejahteraan negara, bukannya terus dibiarkan atau tidak ditindaklanjuti lantas dipatenkan negara lain. Kenyataannya sekarang begitu banyak insinyur2 BPPT yang jenius yang dibajak Malaysia / Singapura / Thailand karena negara kita tidak mampu dan tidak mau membayar jasa “otak”-nya.

16 12 2008
amanda

sy adalah seorang mahasiswi semester3, bapak sy seorang PNS tp 6 tahun lalu meninggal dunia, trus sy mw tanya bagaimana cara mengurus tunjangan sy karena ibu sy menerima gaji di bank BRI.

wass..
Amanda
email : ana.cuek@yahoo.com

23 12 2008
iwung

walah-walah kok repot repot ngurusi “PNS”, wis bubar-bubar ndang golek mangan nggo anak bojo……….

wong PNS wae sing kudune dibayar nggo ngurus masyarakat malah sibuk ngurusi wetenge dewe!!!!!

dasar!!!!!!!!!!!!!

18 01 2011
Deri

Setuju Mas, akeh PNS ngurusi wetenge dewe koq, wis dibasmi wae lah sing ora produktif…

4 02 2009
ady

susah mas jadi PNS yang bener2 jujur……….disamping sistem yang mendekatkan kita pada yang “aneh2″ ya keperluan kita juga lumayan banyak dalamhidup…lha wong SK ku saja sudah di Bank…ne ga ngrediy yo pie ora cukup….trus pie..ada saran yang kongrit?

15 02 2009
cHa

bisa kok jadi PNS yang baik, jujur, kompeten, dan profesional..
kerja di KPK.. yang menjadi sorotan publik saat ini, justru mereka jadi “musuh” PNS lainnya..

yaaa sampai saat ini belum ada kasus di KPK.. tapi KPK getoo lowhh..

n_n

15 02 2009
ali

to kingkong,
saya bisa tuh mundur dari PNS, dulu di awal sih ada perjanjian kena denda 20 jt,
tapi alhamdulilah bisa tidak kena denda setelah dinegosiasi.
semua kerjaan ada prosedur resign, dan ini tidak melanggar hukum.
saya sempat kerja 8 bulan kerja di dephub pusat, sudah sering sekali dinas luar dan rapat. duitnya lumayan tapi…itu kembali pada pilihan masing masing.
dalam semua kerjaan pasti ada kekurangan dan kelebihan..

14 08 2009
4hmad

Berapa sih pendapatan di dephub sekarang ini? khususnya untuk sarjana S1 yang baru masuk?

14 08 2009
4hmad

Berapa sih gaji di departemen perhubungan udara sekarang ini? khususnya untuk sarjana S1 yang baru masuk?

17 02 2009
Ferdian

Saya barusn diterima di Deptan Pusat, mau coba dlu ah…

17 02 2009
bloGEsam

@ali:
Kayaknya da jadi rahasia umum hehehe…

@kingkong:
Banyak yg cerita bisa… cuman aku gak bisa cerita banyak karna blom pernah :p

@eka:
setuju boss..

@amanda:
ada yg bisa bantu ????

@ady:
aku yakin dimana ada kemauan disitu juga pasti ada jalan

@cha:
Menurutku sampe saat KPK memberikan kinerja yg cukup baik

@ali:
thanks infonya…

@ferdian:
gutlak yaaa… jangan lupa traktir makan2 :))

4 03 2009
www.nikomindo.blogspot.com

hubungi aku ya….pasti kaliyan akan hidup enak…DIJAMIN…!!!!

8 03 2009
Jube

Gw br di terima di dept.perindustrian, n milih penempatan di kaltim..
Tak pikir gaji menyesuaikan ternyata sama seindonesa,
Secara biaya idup kaltim mahal bgt.. Gaji minim sangath,
Gw stress..
Pengen balik ke bdg..
Gimana ya,
Bisa pindah ga si

27 03 2009
YO__NO

to ali :
emank di perjanjian yg mn li kalo mundur dr CPNS di denda…..

aku malah kebtulan dah di PJBS dan diterima jg CPNS (guru)….

ya PJBS ma CPNS dari gj tinggian PJBS dikit….

tp sama2 milik pemerintah…..

pye li kasih pertimbangan

14 05 2009
ya

GAJI segitu secara kasat mata memang sangat cukup jikakalau hanya untuk kebutuhan perut, detergen, sabun, shampoo, hal- primer lainnya. tapi apakah gaji itu hanya untuk keperluan bertahan hidup saja??
itulah yg menjadi pertanyaanya.

ada keperluan lainnya:
-bayar listrik
-bayar air
-bayar tagihan telepon
-bayar pajak

-setiap orang butuh tempat tinggal. bayar kontrakan
(butuh 20 tahun untuk seorang pegawai negeri mempunyai rumah sendiri dan itupu rumah btn yg dicicil selama 10 tahun, yang sepuluh tahun sebelumnya ditabung untuk uang dp pengambilan btn).

– bayar sekolahan anak. buakn hanya bayar uang bulanan saja, tapi beli seragam, bayar sumbangan ini itu, uang jajan untuk anak biar bisa makan siang, uang buku yang jaman sekarang diwajibkan dan setiap tahun berubah jadi tidak bisa turun temurun, bayar kebutuhan anak lainnya seperti tas, pinsil, meja belajar agar anak lebih bersemangat dan giat, dan banyak hal lainnya, karyawisata atau saat anak sudah mahasiswa keperluan sekolahnya pun sangat dasyat, kuliah di luar kota di ptn terbaik bangsa, uang kos, uang untuk tugasnya, apalagi jika anak tsb kuliah di jurusan desain, butuh kompuer yang bgs, laptop karena itu sangat dibutuhkan, kalkulator, uang untuk survey tugas, banyaak sekali.

– uang untuk masuk sekolah atau kuliah. yang jelas2 tidak murah. spmb saja bayar 5jt.

-keperluan lainnya, seperti ada sanak sodara menikah atau sakit atau meninggal, perlu biaya transportasi.

banyak hal yang dibutuhkan
dan KEPERLUAN PRIMER BUKAN SAJA MASALAH PERUT TETAPI PENDIDIKAN dan pendidikan itu sangat MAHAL. uang masuk boleh gratis, tapi masalah biaya hidup, kosan,tugas kan tidak ditanggung kampus.

pertanyaannya?
KAPAN SEORANG PEGAWAI NEGERI BISA MENABUNG?? JANGANKAN TABUNGAN UNTUK MASA DEPAN, TABUNGAN UNTUK KEPERLUAN MENDADAK aja pun susah. yang ada hanya UTANG dan UTANG.

PNS dan pegawai pabrik beda bos!!!!
PNS mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi dibanding pegawai pabrik. “ALLAH akan meninggikan orang2 yg berilmu dan bertaqwa”.

betapa sedihnya saya, saat tahu ayah saya punya hutang di tempat nmakan pinggir jalan??? untuk makan siangpun mereka ngutang. kenapa?
karena uangnya tidak mencukupi keperluan primernya dan mereka sangat mengutamakan pendidikan anak2nya walaupun mereka harus banyak puasa.
walaupun saya dan adik saya kuliah di PTN terbaik bangsa tetapi banyak sekali kebutuhan kuliagh kami yang sangat2.

26 05 2009
Lulu_bms@yahoo.com

Pns adalah manusia2 yg kompleks,ada yg latar org kaya,ada juga yang miskin.dan problem kehidupan yg relatif sama.tidak semua pns mempunyai jiwa yg kerdil.sebagian adalah manusia yg benar2 mengabdi pada nusa,bangsa dan melayani masyarakat.marilah kita introspeksi diri dan menjadi orang2 yg tegas.jika banyak orang tegas dan tidak melayani atau memenuhi keinginan para pns yg berjiwa kerdil tadi,maka semuanya pelan2 bisa kembali ke jalur yg benar.tapi jika tidak,maka kita semua akan meneruskan kebobrokan ini pada anak cucu dan generasi berikutnya.

3 06 2009
romanza putra

PNS si enak, yang betul kerja dan dapat diukur kinerja sih cuma guru, tenaga kesehatan dan dan yang di bidang teknis pelayanan, sednagkan dikantor si tidak jelas, gaji naik terus tapi kinerja tidak dapat diukur sih. kalau mau kasar hanya membebani keuangan negara saja, negara bisa bangkrut kalau gaji pns naik terus sedangkan rakyat kecil ? tidak mendapatkan apa-apa bahkan amanat uud 1945 bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara justru terbalik karena saat ini pejabatlah yang dipelihara oleh negara Mau bilang apa para pejabat punya kewenangan membuat kebijakan yang self servic3e oriented sih.

18 01 2011
Deri

Koq tahu Mas.. kalo di kantor2 ga jlas dan ga bisa diukur, jgn2 ini PNS yak..

24 06 2009
Bgjn Noor Avianto

yupp .. yang penting mindsetnya dapet cewek. dan jodoh.. kmrn dapet cewek cakep karen dah jadi PNS di bapenas.. si cewek rela memilih nya kerena gaji terarah/pasti/permanen dan dapet pensiunan dan prispnya rejeki sudah ada yang ngatur . looh padahal bukanya tadi bilang rejeki dah ada yang ngatur. tapi kenapa menolak yang cowok yang kerja di swasta yang kedepannya lebih baik karena anaknya pinter dan lihai dan agamis. si cowok yang dulu di tinggalin..
by BJGN Noor avianto

15 07 2009
ello

PNS…PNS…aku mau jadi PNS…bisa ngegossip wktu krja, bisa jalan2 wktu jam krja, bisa korupsi di beberapa segi (uang dan waktu). Kerjanya gk berat, cuma baca koran dan ngobrol sana-sini…uennaaak teennnaaannn…mau dong…kakakakak….

16 07 2009
someone

masya allah nyari duit itu ternyata susah yah :(

sy di tawarin gaji pokok 1.5jt kotor (sdh termasuk ongkos dan uang makan) mlh sy tolak, padahal status sy saat ini baru lulus kuliah,(dr univ ga terkenal lg), minim pengalaman plus pengangguran. sy mlh tetep kekeh minta 2jt kotor. :(

sy bilang ke pada perusahaan tersebut : gaji sy 2jt atau tidak ada kesepakan diantara kita (ko mlh jd sy yg sombong ya >.< )

kirain tuh PT ga bakal mempekerjakan sy, eh ga taunya malah di tlpn lg disuruh kerja n menyanggupi gaji sy 2jt kotor / bln. :)

Alhamdullilah ya Allah ternyata rezeki hamba emank brd di kisaran 2jt :)
sy juga telah bernazar dalam hati setiap gaji yg sy terima, 2.5% nya akan sy berikan kepada anak yatim dan sebagian besar lg sy akan berikan kepada orang tua sy. ^_^

Senangnya membuat ank2 yatim dan kedua orang tua sy tersenyum ^^

16 08 2009
Chika

Saya jadi pns makmur2 aj tanpa korupsi. Karena sistem d lembaga saya tidak ada celah sedikit pun untuk itu. Semua transparan dan diketahui semua pihak. Mdh2n dgn remunerasi d smwa lmbaga, kinerja pns dpt ditingkatkan. Hidup pns.. :p

31 08 2009
slick

kerja di departemen mana mbak? depkeu ya?

18 01 2011
Deri

Emang kerja dimana Mbak? sy rasa tidak ada dept yg bersih dari korupsi, walaupun hanya korupsi waktu, internetan utk urusan pribadi maupun konkow2 ga jelas…

25 08 2009
batman

Ini untuk PNS daerah papua
Sumber: Lampiran I, II dan III Peraturan Gubernur Provinsi Papua Nomor 2 Tahun 2008
Daftar Tarif Tunjangan Kinerja Daerah

Jabatan Struktural

1. Gubernur Provinsi Papua sebesar Rp15 juta

2. Wagub Provinsi Papua Rp12,5 juta

3. Sekda Provinsi Papua Rp10 juta

4. Eselon II A Rp7,5 juta

5. Eselon II B Rp6 juta

6. Eselon III Rp3,5 juta

7. Eselon IV Rp2 juta.

Daftar Tarif Tunjangan Kinerja Daerah

Jabatan Fungsional

1. Pembina utama IV E Rp6 juta

2. Pembina Utama Madya IV D dan Pembina Utama Madya IV C sebesar Rp4,5 juta

3. Pembina Tingkat I IV B, Pembina IV A maupun Penata Tingkat I III D besarnya Rp3 juta

4. Penata III C dan Penata Muda Tingkat I III B sebesar Rp1,75 juta

5. Lainnya Rp1,25 juta.

Daftar Tarif Tunjangan Kinerja Daerah

Non Jabatan

1. Staf Gol III dan IV Rp1,2 juta

2. Staf Gol I dan II Rp1 juta

3. Honorer SK Gubernur Rp750 ribu.

5 12 2009
dato

pns itu jngan dipahami utk jd kaya, tapi utk mmenuhi kebutuhn saja. wirausaha itu yg membuat jd kaya… usaha bos…

5 12 2009
Ano

Sy kemarin diterima di balai pom dan dosen di universitas negri. Saya ambil yg pom soalny pengumuman lebih dulu(sebenarny pgnny dosen karna sebelumny sy sudah jd dosen di swasta). Yg sy heran, teman2 sy heboh, katany gaji di pom lbh besar(bukanny gaji pns sama aja). Yg ingin sy tanyakan berapa si pendapatan sbg pegawai pom?

6 12 2009
dagul

saya juga PNS tapi di LN bukan di indonesia,saya bekerja awal 2003,sekarang gaji saya kira2 klu di rupiahkan +- 9,5 juta,dgn fasilitas rumah,listrik,air,tunjangan kesehatan (di RS pemerintah)&sekolah anak di sampai SMA di sekolah pemerintah,di tambah lagi klu ada privat&usaha2 lain bisa mencapai gaji di atasmjadi total 1 bulan bisa masuk 19 juta rupiah.

4 01 2010
Dudy

Sya pns 26 thn masa kerja 8 thn, pangkat IIIB/esl.V jbt Kasubsi
punya istri dan 1 orang anak, gaji+dll skitar ±6jt namun smua itu
tdk membuat saya bahagia , jujur sya dlu emang trpaksa masuk pns
coz dipaksa sma bokap, stiap saat bngun tdur bkan smngat kerja
Yg ada hati saya slalu keras menolak utk pkerjaan ini, sya org yg
Suka mengembangkan diri sperti bermusik/desain grafis/sya punya banyak
Ide utk bid.advertising atau pun majalah/surat kabar setiap libur saya
Hanya duduk di depan komputer berimajinasi membuat mixing lagu/desain iklan
/desain rumah/kantor..dll hati saya srasa ingin berteriak n meledak,setiap
Saat saya ingin berhnti jd PNS coz sdh 8thn ini sy tlah brusaha utk menyukai &
Mencintai pkerjaan sya di PNS ini tpi ttep hti sy menolak keras, so..maaf temen2
Klo sy jd curhat coz hnya dgn forum dsini sya crita bahkan istri sya saja tdk tahu,
Apa jalan yg terbaik yg hrus sya lakukan memang dengan gaji PNS sya sdh banyakncukup
Namun buat apa klo stiaphari sya hrus tertekan lalu klo sya pengen berhenti jd PNS
Sya blm punya cadangan pkerjaan di luar, kira2 pkerjaan sperti apa yg hour
us sya masukkan
Lamaran kerja saya, org keahlian sya cuma bjar sndiri/otodidak sya cuma lulusan s1hukum
Intinya sya tdk percaya diri klo berhenti jd PNS, tkut klo sya jd pengangguran &
Tidak bisa mnghidupi anak&istri sya,…maaf klo kepanjangan, to all friend please help me
Thhhhaaannnkksss
NB; klo pengen berhenti jd PNS syarat2 nya apa aja?

10 03 2010
yan

bos sayang lah berhenti PNS,syukuri dan jalani buat nyalurin bakat mungkin buka usaha aja sesuai bidang anda,kan buka lowongan buat orang lain,minimal tetangga anda,sy juga pns dan buka usaha ternak ikan yang ngurus pemuda2 tetangga saya..niat kerja buat istri dan anak bos,kl sy pikir ky bos sy juga pgn buka bengkel motor tp modalnya gede malah jd ternak..wkwkwkw,mudah2an jadi pertimbangan buat bos..yuyup

18 01 2011
Inyong

Sama dong nasibnya dg gue, gue pingin resign tp ga tahu gemana memulai dan caranya, selalu bimbang dan ragu.

4 01 2010
Dudy

Namun buat apa klo stiaphari sya hrus tertekan lalu klo sya pengen berhenti jd PNS
Sya blm punya cadangan pkerjaan di luar, kira2 pkerjaan sperti apa yg hour
us sya masukkan
Lamaran kerja saya, org keahlian sya cuma bjar sndiri/otodidak sya cuma lulusan s1hukum
Intinya sya tdk percaya diri klo berhenti jd PNS, tkut klo sya jd pengangguran &
Tidak bisa mnghidupi anak&istri sya,…maaf klo kepanjangan, to all friend please help me
Thhhhaaannnkksss
NB; klo pengen berhenti jd PNS syarat2 nya apa aja?

26 02 2010
sulistyo

jadi pns itu pengabdian.. Saya sebelumnya kerja swasta,pendapatan saya besar meskipun kata org2 cuman jadi sales,…bisa 4x lipat gaji pns dgn krja yg santai… Tp keinginan untuk mengabdi pd masy. Besar,maka saya ikut daftar dgn pndaftar super byk,karna saya lulusan ekonomi. Tapi alhmdulillah saya lulus. So…buat temen2 yg bnr2 pgn ngabdi ke masy. Silahkan daftar…. Jgn tkut bersaing….hidup mmg spt itu

10 03 2010
yan

gaji itu merupakan rejeki dari ALLAH,kerja negeri atau swasta sama aja…setujukan rejeki itu dari ALLAH?mesti iya lah..tapi pernahkah tuhan membatasi rejeki umatnya??gak akan?soo apa yang mau dikeluhkan?mengeluh gaji sama dengan mengeluh rejeki dari ALLAH,syukuri dunk friends..okey?jgn terpaku oleh gaji…kl dikeluhkan semua juga pada ngeluh lah,intinya syukuri besar dan kecil rejeki,kl tidak ada rasa syukur ALLAH akan trs ngasi godaan bahwa kita tidak akan cukup meskipun gaji ampe 10jtan,buktinya banyk friends..gk usah di sebut lah..rakyat juga tau.hehehe

18 03 2010
Andrias

wah seru sekali diskusi tentang PNS, sy sering denger bahwa jd pns tuh enak, gaji tetap, dapet pensiun dll. tp kalo liat kenyataan gaji cm 2 jtan, bisa buat apa ya 2 jt an hidup di jakarta? sy waktu masih kuliah aja dl, hanya dgn ngajar di bimbel bisa dapet 2 jtan juga. dan itu pun masih kurang, cos sy jg harus menanggung ekonomi keluarga. kalo sy jd pns yg gajinya 2 jt an, gmna bisa sy menanggung kehidupan ortu n adik sy? mengenaskan ya. sy setuju dgn komen yg sebelumnya. kt beda dgn kuli pabrik. beda bukan cm dalam pendidikannya, tapi kebutuhan hidupnya juga. bahkan gaji dosen pun tidak bisa dibilang besar. kalo pns dibilang pengabdian, apakah untuk mengabdi kt harus bersusah2 untuk hidup kt sendiri???

9 04 2010
bobo

aq CPNS yang baru aja lulus sebelumnya kerja di sebuah perusahaan swasta Internasional,kl dibandingkan gaji sekarang dengan yang dulu sih sama aja seperti terjun bebas..pada awalnya sih masuk PNS karena ikut2an doank…ternyata lulus..bingung..kl nggak diambil katanya Sayang ..akhirnya aq putuskan untuk mengundurkan diri dan masuk ke PNS…akhirnya yang terjadi adalah
aq mendapatkan gaji cukup buat seminggu…waktu yang santai..disiplin yang longgar..beban kerja yang orang kata kl ada kerjaan baru dikerjakan…masuk pagi pulang petang dan itu semua bukan kemauanku dan kemauanku so …semuanya terasa begitu membosankan kalau sebelumnya terbiasa kerja dengan TARGET dan Prestasi…mungkin PNS cocoknya buat yang Fresh grade kali ya…nggak Cocok Buat yang sudah terbiasa dengan deadline…pusing dan bingung jadinya…

21 01 2011
Mutiara

PNS itu gak ada kerjaannya. Namyak yang nyanyai2 aja
aja dan keluyuran.

2 12 2010
nento luki

Kerja di perusahaan swasta atau wira usaha banyak tantangan. Yang tidak senang tantangan jangan dekat dekat dengan bidang-bidang itu. Ada Kepuasan sendiri jika dapat mengalahkan tantangan yang relatif berat. Bekerja melebihi yang diharapkan bos, membuat Bos sangat membuuhkan kita. Yakin saja Allah akan mengganti kelebihannnya. Yang dipikirkan hanya tantangan pekerjaan, urusan dapur dan sekolah anak anak lebih dari aman, malah bisa berbagi membantu yang lain. Tidak gampang jadi pelacur profesi, meski tidak pernah dilantik dengan sumpah jabatan. Pilihan lain jadilah PNS, bisa baca koran ada pensiun dll. Masing masing diri ada pilihannya.

17 01 2011
yuwang

wis jgn ribut2 ndk ada habisnya…..
Kerja dimanapun dan gaji brapapun bisa cukup, tinggal diri pribadi yg atur..
Tpi ngomong2 klo saya jdi pns niat saya bekerja dgn baik dan mau korupsi….
Kapan lgi bisa korupsi….
Klo kerja di swasta susah korupsi…

4 02 2011
abdi

Korupsi bukan hanya di PNS aja kali, di swasta juga banyak yang korupsi,kalau kerja berdasarkan ibadah insyaalloh semuanya jadi amalan, rejeki datangnya dari alloh bukan dari instansi pemerintah atau swasta, jadi mau kerja di mana aja sama saja yang penting dari pribadi masing-masing…

23 03 2011
adi

saya (lulusan S1) diterima di PNS DEPTAN 2011, THP Deptan brapa ya per bulan? menurut teman2 diambil gak ya??
Sekarang kerja dipersh swasta dg THP 4jtan…

13 02 2012
smilepeople

Klo mau diitung cukup, memang gak pernah cukup di dunia ini. klo memang gaji PNS tidak cukup menurut anda yg sudah didalam, silahkan keluar, jangan merusak Nama PNS, dengan korupsi dsb. klo yang blm masuk, yah anda hitung sendiri saja berapa gaji PNS, dan berapa kebutuhan sehari2 anda, klo mmg gak cukup, dan bakalan membuat anda susah, ya anda tidak usah masuk PNS. gitu aja kok repot !!!, Jd jgn saling menghina profesi, pada dasarnya sistem itu baik. SDM nya saja yg buruk.

11 09 2012
hidayat

Capek bro, bahas yang sudah pasti lagi ngelantur…. Kalau punya kemewahan hanya mengandalkan gaji PNS dan tunjangannya dan ga ada warisan atau usaha lain, mustahil…. pasti deh dari yang aneh-aneh…

3 12 2012
bintorosion

gaji PNS menurut standard hampir sama kalaupun selisih tidak signifikan,jadi menurut logika tidak ada PNS kaya atau berlebih….yang membuat PNS bisa hidup berlebih biasanya faktor jabatan,walaupn golongan nya lebih rendah tapi penghasilan beda jauh.

7 02 2014
my life my story

Pak..mas..om..mw nanya nih.aku baru pemberkasan di salah satu kementrian pusat.tapi belum ada panggilan lagi buat sk cpns nya.aku niatnya mw mengundurkan diri soalnya setelah dipikirkan passionku bukan di pns..kebetulan diterima juga di perusahaan swasta yang lebih sesuai samalatar belakang pendidikan aku…kalo aku mw resign gimana prosedurnya ya.kalo dapt panggilan berikutnya diabaikan saja kira kira konsekuensinya apa ya.makasih…

28 01 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 130 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: