Tampang Android di HTC Dream

Sebenarnya ini tulisan lanjutan tentang HTC Dream, tetapi karna kesibukan dan kemalasan akhirnya tulisan ini terus molor sampe hari ini. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak😀

Kesan pertama kali aku mengoperasikan android adalah “Waahh… gila… keren… mantab!!!” Dengan beragam fitur dan ribuan aplikasi gratis dari android market, membuatku kagum dan tiada hari tanpa hal baru di android.

Bagi yang belum terbiasa dengan touch screen, setelah pake android harus dan terpaksa terbiasa menggunakan jari… ingat JARI bukan ujung kuku hehehe. Karena layar tidak akan merespon sentuhan dengan ujung kuku melainkan hanya dengan sentuhan halus jari😀

Home Screen

Android memiliki home screen (halaman utama) yang simpel dan bersih. Dari layar utama, dengan menggunakan sentuhan jari layar bisa digeser ke kiri ato ke kanan untuk menampilkan halaman baru (extended home screen) yang bisa diisi dengan shortcut, widget dan folder.

Untuk bagian atas berisi baris notifikasi (notification bar) yang akan menampung semua notifikasi yang muncul dan juga informasi dasar tentang jaringan, sinyal, batere dan jam. Kalo bar ini ditarik/geser kebawah maka akan muncul informasi lebih lengkap tentang notifikasi yang masih aktif.

Bagian bawah home screen ada sedikit tombol kalo ditarik ke atas akan memunculkan aplikasi-aplikasi yang telah ter-install di android.

Google Account

Untuk bisa menggunakan android secara maksimal, dibutuhkan google account atau google email. Kalo tidak, maka aplikasi internal android seperti Gmail & Market tidak akan bisa dipake.

Sebelum mengisi google account pastikan android telah siap digunakan untuk koneksi ke internet, jika belum… segera lakukan setting APN sesuai operator sebelum lanjut ke setup google account.

Saat layar Google Account pertama kali muncul, kita diharuskan login menggunakan gmail account ato bisa juga langsung bikin account baru. Setelah login berhasil, tinggal dipake aja aplikasinya. Selain itu kita bisa menentukan data mana aja yang perlu di-sinkronisasi seperti email di Gmail, kontak dan kalender dengan menu settings > Data synchronization.

Fungsi Dasar: Telpon

Untuk fungsi penggunaan telpon hampir tidak ada bedanya dengan smartphone lainnya. Angka-angka di nomor dial cukup besar dijamin gak bakalan kesulitan menekan nomor telpon meskipun dengan satu tangan.

Nahh disinilah google account berperan, semua kontak yang ada di SIM ataupun di android bisa di-sinkronisasi ke google account buat backup. Kalaupun perlu ganti SIM, maka cukup login lagi menggunakan google account yang sama, otomatis semua kontak yang ada di google di-copy kembali ke android.

Fungsi Dasar: Messaging (SMS)

Seperti contoh gambar diatas, yang seneng SMS-an dijamin bakalan seneng banget dengan fitur threads (conversation view) yang bisa mengelompokkan SMS berdasarkan nomor handphone pengirim… jadi persis seperti chatting, email pengirim dan penerima diurutkan jadi satu.

Selain itu untuk reply sms, gak perlu lagi menekan tombol [Reply] ato mengisi nomor lagi. Cukup dengan langsung mengetikkan di kotak balasan yang ada dibawah sendiri lalu tekan tombol [Send]… lebih cepat lebih baik😀

Android Market

Android Market adalah sebuah pasar digital yang berisi ribuan program/software baik yang gratisan maupun berbayar. Mulai dari program sepele sampe program yang serius bisa ditemukan disini. Untuk lebih jelasnya, baca aja disini.

Email: Gmail & Mail Client untuk provider lainnya

Untuk urusan surat-menyurat (email) android dilengkapi dengan 2 jenis mail client. 1 untuk email yang digunakan sebagai google account menggunakan gmail for android dan 1 lagi bisa digunakan untuk email-email lainnya… bisa gmail, yahoo, hotmail ato lainnya.

Untuk gmail for android karena banyak fitur dan kelebihan, aku udah bikin  tulisan tersendiri, monggo baca aja disini.

Untuk mail client standard, fitur hampir sama dengan yang lainnya seperti multi account dan pull mail bedanya hanya terletak pada sisi operasional aja.

Karena android dibuat untuk kemudahan penggunaan dengan jari, maka fungsi-fungsi dasar pengoperasian yang sering dipake seperti lanjut ke email berikutnya ato balik ke email sebelumnya, tombol reply dan delete semuanya ditampilkan dilayar.

Typing

Onscreen keyboard ini paling banyak membantuku untuk urusan ketik mengetik. Dengan disain karakter abjad/angka yang boleh dibilang cukup lega, meskipun jempol jariku termasuk cukup besar tapi masih bisa mengetik dengan nyaman. Bahkan qwerty keyboard bawaan HTC Dream tidak pernah aku pake😀

Saat android diputer 90 derajat menjadi landscape, onscreen keyboard otomatis menjadi 2 bagian. Bagian atas untuk tempat kalimat yang diketik, sedangkan bagian bawah berisi keyboard dengan tombol-tombol yang lebih besar dan lega membuat urusan ketik mengetik menjadi nyaman dan jarang salah ketik😀

Browsing & Searching

Untuk urusan searching karna termasuk kehebatan android, udah aku buatin tulisan sendiri, monggo baca disini.

Android dibekali juga browser internal yang cukup oke dan memiliki fitur antara lain:

  • Mendukung beberapa window sekaligus
  • Bisa melakukan zoom in ato zoom out
  • Optimal untuk site-site dari google product

Khusus untuk point ketiga diatas, jika browser membuka Gmail, Google Reader, Calendar dan semua produk google lainnya maka secara otomatis situs tersebut serasa dioptimalkan untuk penggunaan mobile di android… hampir gak keliatan kalo aplikasi itu murni ni ni 100% dari browser bukan native app di android. Gak percaya ??? Coba aja liat contoh gambar dibawah ini….

Aku kurang yakin apakah fitur ini hanya milik android atau bisa juga dipake oleh browser di gadget lainnya ???

Pufff pufff… **ngelap keringet** capek juga bikin tulisan panjang dan capture layar android, gak kerasa da hampir jam 11 malam! tidoor dulu ahh.. zzz… zzz… zzz…

6 thoughts on “Tampang Android di HTC Dream

  1. huroncom berkata:

    Pertamax

    Haha

    Apa layak saya yang oon ini pake android?

    Oprek2 jadi brick gimana?

    Walo kepincut juga ni

    Udah gitu solo belum 3G

    Apa kuat

  2. Aldy907 berkata:

    Eh…… Udah pada denger ato baca info Tentang Ponsel Super dari Google? Namanya Nexus One… Wah tuh hp memang canggih sangad euuy…!! Ampe” Iphone bakalan kalah ama nih dia…!!!! Udah gitu nih hp pke sistem Android 2.1 dgn prosesor Qualcomm QSD 8250, 1GHz snapdragon!!! Tp sayangnya blm tentu hadir di Indonesia…

  3. @fredrik: udah bawaan Android-nya bro

    @aldy907: iya bro, asli keren banget… ada beberapa temen yang udah pake Nexus One, tapi sayang aku gak kuat belinya hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s