Kehebatan Android: Gmail si Amplop Merah

Udah punya email ??? Udah punya gmail account ???

Kini, dengan android di tangan… semua fitur-fitur utama gmail bisa dinikmati dengan mudah dan nyaman seperti penggunaan gmail di web. Caranya, tap aja icon amplop merah Gmail di androidmu.

Seperti umumnya mail client, halaman utama gmail for android hanya berisi ringkasan pengirim email, subyek dan tanggal/jam email. Ada juga pilihan untuk memberi rating ‘Star’ atau juga melakukan multiple selection.

Dengan multiple selection, kita bisa mengelola email seperti menghapus, mengarsip ataupun memindahkan ke label dengan mudah dan cepat. Dengan memberi ‘Star’ untuk setiap email yang penting, akan sangat membantu jika suatu saat dibutuhkan kembali.

Gmail for android juga mendukung pengelompokkan email secara berurutan (conversation view) untuk email dengan subyek yang sama. Dengan adanya conversation ini sangat sangat membantu dalam membaca email mulai email dari awal sampai akhir seperti alur cerita.

Seperti gambar diatas, kita juga bisa pindah ke folder / label lainnya untuk menampilkan email dengan kriteria yang lebih spesifik. Contohnya, untuk semua email dari mailing list ID-Android aku beri label ID-Android. So… jika aku pilih label ID-Android, maka hanya email dari mailing list ID-Android yang akan ditampilkan.

Pengen cari email lama ??? buka aja kotak pencarian dan ketikkan keyword yang kira-kira kata tersebut ada di subyek, isi email dan pengirim email. Dalam sekejab… voilaaa semua email termasuk yang sudah diarsip akan ditampilkan di hasil pencarian. Tinggal dipilih aja email yang bener-bener dibutuhkan.

Dan menurutku inilah fitur utama yang tidak/belum dimiliki oleh mail client lainnya. Selain itu, gmail for android mendukung penuh push mail! Jadi email dikirimkan ke android bisa diterima secara real time.

3 thoughts on “Kehebatan Android: Gmail si Amplop Merah

  1. danang berkata:

    Mas saya seneng bisa tau ttg android dari tulisan mas. Kalo saya ikutin dari awal sepertinya tidak begitu berbeda dari iphone baik dari fitur handset maupun menu2nya. Untuk multimedia bagaimana mas? Sepertinya kurang dibahas di sini?
    Kemudian untuk daya tahan batere handset htc nya bisa tahan berapa jam sekali charge? Terimakasih sebelumnya

  2. Emang android dibuat untuk nyaingin iphone… jadi secara disain banyak menggunakan sentuhan jari. Untuk multimedia emang jarang pake jadi anggap aja sama dengan yang lainnya.

    Untuk batere tiap seri beda2 kekuatannya, yang paling boros adalah HTC Dream… full charge hanya bisa tahan 6-8 jam jika digunakan penuh onlen, tapi jika diset 2G only bisa tahan sampe 12 jam.

    Untuk seri HTC Magic kekuatan masih mendingan… bisa tahan sampe 10 jam, tapi itu semua tergantung penggunaan. Dan emang inilah kelemahan smartphone berbasis layar sentuh, boros batere!

  3. Kalau HTC Hero Gimana Mas Syam? Hayo, silahkan di coba, aku lg males nulis review nih, udah tercukupi dengan review2 dari majalah, tabloid, dan forum developer. Jadi kalau nulis review sendiri, ga akan sebagus mereka. hiks..

    Tapi memang, pakai android itu memang beda, setiap hari ada saja yang baru, dan bawaannya pengen coba terus, apalagi yang namanya Market.. hmm… selama Memory internal masih muat, download terus, install terus.. hehe..

    Dan yang paling seru, setiap seminggu sekali (lebih kurang) aku Backup & Restore ROM.. jadi kesannya 2 versi gadget, yang satu sense 1.6 dan yang satu lagi 2.1 , haha.. belum nemu di gadget lain yang bisa bolak balik ROM spt ini..

    Soal amplop merah di Android, memang mantap, sayangnya selama ini aku mainsetnya ke yahoo, untuk keperluan milis, fesbuk, dan YM..

    Tapi memang merubah sesuatu itu perlu waktu, dan pengorbanan, dan memang account Gmail ternyata nggak kalah hebat dengan yang lain, Gmail punya juga fitur2 hebat, kapasitas mailbox besar, dan terintegrasi ke Google Maps, Gtalk, dan juga Google Sync..

    Oops.. jadi ngapain punya account Gmail tapi nggak di maksimalkan ya..
    hmm.. dan aku baru sadar, ternyata aku udah nulis review disini.. haha…
    Jadi pengen nulis lagi nih..

    Thanks a lot Bro, udah jadi sumber inspirasiku..

    See you..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s