HTC Dream, my first android phone…

Dengan semakin gencarnya berita-berita tentang Android, memaksa aku untuk mencoba dan merasakan apakah emang bener-bener hebat si Android itu ???

Sebelum melangkah lebih jauh, Android adalah sebuah sistem operasi (Operating System – OS) milik Google yang dikhususkan untuk handpone/pda/gadget. Ada banyak OS yang cukup terkenal… diantaranya Symbian, Windows Mobile, Blackberry, Apple iPhone dll. Dan Android muncul sebagai OS alternatif atau bisa juga sebagai tandingan untuk iPhone ????😀

Gadget yang barusan aku pegang adalah HTC Dream, sebuah Android Phone pertama yang dikeluarkan oleh HTC diawal tahun lalu, saat ini HTC sudah mengeluarkan 4 jenis Android Phone… CMIIW.

Meskipun bekas, gak masalah bagiku… hehehe dan aku lebih seneng beli gadget bekas karena keterbatasan dompet dan juga jika beli dari baru, harga  akan terjun bebas jika dijual kembali😀

HTC_Dream-1Dilihat dari bentuknya, hampir gak ada perbedaan berarti dengan produk-produk HTC lainnya. Ada bentuk disain yang belum pernah aku temukan di gadget yang lain… yaitu sedikit lengkungan di bagian bawah HTC Dream.

Dengan adanya sedikit lengkungan itu kayaknya untuk mengurangi pantulan cahaya, agar layar bisa dibaca dengan jelas… dan ini udah aku rasakan manfaatnya, meskipun diluar ruangan, layar dapat dilihat dengan jelas… gak tau karna disainnya ato emang kualitas layarnya yang bagus😀

HTC_Dream-2

Selain disain lengkungan yang unik, ada 1 lagi disain yang gak kalah uniknya… yaitu disain sliding keyboard yang membentuk setengah lingkaran seperti gambar diatas. Jadi waktu sliding digeser keatas, layar akan belok dikit sebelum mencapai posisi diujung… beda dengan sliding pada umumnya yang langsung tegak lurus ketas.

Dengan disain seperti ini memungkinkan qwerty keyboard menjadi 5 baris seperti keyboard di PC/laptop pada umumnya. Meskipun qwerty keyboard bisa lapang dan maksimal, tapi aku merasa disain seperti ini kurang mantab… lebih nyaman dengan disain sliding umumnya yang tegak lurus.

HTC_Dream-3

Yang bikin seneng dengan HTC Dream adalah layarnya, dengan ukuran 3.2-inch dan resolusi 320 x 480 (HVGA) membuat mata tidak cepat lelah dan pengoperasian gadget dengan jari juga menjadi sangat nyaman.

Dengan layar jenis touch-sensitive ato capacitive screen, CMIIW… membuat pengoperasian dengan sentuhan jari semakin sempurna. Layar tidak akan mengenali sentuhan yang menggunakan ujung kuku ato stylus… harus bener-bener menggunakan sentuhan jari. Untuk itulah dalam paket penjualannya tidak disertakan stylus karna bakalan gak kepake hehehe😀

Secara umum, untuk hardware lainnya tidak ada perbedaan signifikan dengan gadget lainnya kecuali beberapa disain unik diatas. Bagaimana dengan softwarenya ??? seperti apa wujud nyata Android ???

Tunggu tulisan berikutnya… hehehe… biar gak penasaran, liat spec-nya dulu aja deh

  • Android 1.5
  • GSM/GPRS/EDGE
  • 3G/HSDPA/HSUPA
  • Bluetooth
  • Trackball buat yang seneng olahraga jempol😀
  • Sliding qwerty keyboard dengan 5 baris
  • GPS/Wifi
  • Digital Compass
  • Camera 3 MP
  • ROM 256/RAM 192

24 thoughts on “HTC Dream, my first android phone…

  1. @duliar: iya bro… aku aja ketagihan, awalnya udah ada rencana ambil HTC Tattoo tp batal karena gak ada yg bantu COD di jakarta hehehehe…

    @dodok: ya inilah nasib penghobi yang lg belajar jualan hehehehe… kalo pengen liat sekennya, klik aja link dibawah ini

    http://wp.me/pdhUB-4L

    • finski berkata:

      udah ganti ke mana-mana, dari Jakarta ke Bandung ke Taipei ke Los Angeles, masih gak dapet sinyal. udah nanya sih ke T-Mobile, katanya itu masalah dari dalem G1nya.. kira-kira bisa betulinnya dimana ya?
      udah nyoba ke roxy tapi tetep gak bisa. thanks infonya

  2. ikisinuno berkata:

    gara2 baca blog anda saya jadi keracunan.. dan sekarang setelah mencari2 akhirnya saya dapat juga tapi yang t-mobile g1.. cuman sekarang saya jd binggung sendiri.. kt yg jual kalo marketnya pengen jalan harus dihard reset dulu.. gimana caranya.. barangkali juragan tahu cara2 utk mensetting dream.. tolong dong yang masih awam ini diberi pencerahan.. tq..

  3. Heruko berkata:

    Hi Syam ……….. apa kabar ?
    Saya juga baru beli HTC Dream yg second tapi masih bingung untuk beberapa fiturnya, karena pasti belum biasa saja.
    Pingin nya sih tanya langsung ama Syam yg sudah pernah pakai supaya cepat belajarnya.
    Bisa tolong kirim no hp Mu Syam ke email ku, supaya saya bisa tanya langsung mengenai HTC Dream ku.
    Thank you so much Syam.

    regards,
    Heruko

  4. Hello there, I do believe your site may be having web browser compatibility problems.

    Whenever I take a look at your website in Safari,
    it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping issues.

    I simply wanted to provide you with a quick heads up!
    Aside from that, great site!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s