HTC Snap Review: Push Mail Stress Test.. [Jilid 3]

Biasanya aku menggunakan Push Mail hanya untuk email-email yang penting aja dan email tersebut gak boleh dilewatkan, untuk mailing list (Milis) biasanya aku donwload aja dari PC/Laptop. So… email yang masuk biasanya gak begitu banyak, paling sehari bisa sampe 200 email aja.

Tapi karna ada thread di Kaskus yang ingin ‘menantang’ “seberapa kuat handphone/PDA kamu dalam mengelola email yang sangat aktif ???” Akhirnya jadi pengen nyoba dan ngetes seberapa kuat HTC Snap + Seven mampu menerima dan mengelola email-email yang masuk dari sebuah milis yang sangat aktif.

Sebelum lanjut ke hasil testing push mail, berikut sedikit catatan yang aku gunakan sebagai bahan uji coba dalam tulisan ini.

  • PDA Phone menggunakan HTC Snap
  • Kartu operator menggunakan AXIS dengan tarif Rp. 0,5 / Kb
  • SEVEN free push mail client versi gratisan (Beta Program)
  • Push mail aktif mulai jam 08:00 sampe jam 22:00
  • Ukuran email dibatasi hanya maksimal 1 Kb per 1 email

Banjir Email

Snap1_EmailGambar diatas adalah jumlah email yang masuk saat Push Mail pertama kali jalan sesuai jadwal pengaktifan Push Mail. Jumlah email yang masuk ke inbox muncul dilayar Home Screen (lingkaran hijau) dan akan terus bertambah. Dalam 1 hari, email yang masuk sekitar 1.000 – 1.500 email per hari.

Berikut ini jumlah email yang masuk ke inbox per tanggal.

  • 20/07/2009, 138 email
  • 21/07/2009, 360 email
  • 22/07/2009, 356 email

Dan ingat, email diatas hanya ‘pemanasan’ di pagi hari hehehe… email tersebut sebenarnya dikirimkan mulai malam hari tapi karna Push Mail belum aktif maka email tersebut ngantri.. begitu push mail aktif, semuanya berebut pengen masuk ke inbox😀

Tapi aku gak punya waktu untuk membaca email tersebut satu per satu, langsung aja aku Select All > Delete hehehehe… Oh ya SEVEN hanya mampu menampung 500 email dalam 1 account, oleh karena itu kalo imelnya hampir menyentuh 500 langsung aja aku hapus.

Meskipun ada ratusan email yang masuk ke inbox, performa HTC Snap tetap jalan seperti biasa dan normal-normal aja. Tetapi akan ada penurunan kinerja meskipun dikit banget… kalo email sudah mentok mencapai 500 item. Tapi kalo inbox udah dibersihkan… kinerja kembali naik dan lancar jayaaa…

Isi Mailing List

Snap2_EmailLucu juga baca imel seperti gambar diatas, masak ratusan email udah masuk ke milis tapi dibilang sepi… hehehe… Hampir tiap menit selalu ada aja imel masuk ke inbox (liat gambar diatas).

Mungkin ini juga bisa menjawab beberapa pertanyaan “Kok milis tersebut aktif banget ??? apa aja yang dibahas ???” 3 hari setelah join ke milis tersebut, hampir 90% isi milis tersebut berupa obrolan santai (OOT) atau boleh dibilang chatting yang dipindahkan ke email… bukan melalui Messenger Client tapi melalui email. Oleh karena itu isinya biasanya gak lebih dari 5 baris per email dan langsung dibalas oleh yang lain.

Murah Meriah

Snap3_CostUntuk biaya GPRS/3G aku sengaja pilih kartu AXIS dengan perhitungan kecepatan dan stabilitas yang aku peroleh cukup baik dan juga tarif paling murah untuk koneksi data GSM.

Di setiap pagi hari jam 08:00, dimana push mail mulai dijalankan… tarifnya langsung meningkat pesat sekitar 80 – 150 rupiah. Hal ini cukup dimaklumi karna pada jam itu, SEVEN menyedot banyak email. Untuk jam-jam berikutnya biasanya berkisar antara 30-60 rupiah.

Boleh dibilang sangat murah sekaliii.. bandingkan dengan 1 SMS yang nilainya sekitar 250 rupiah kalo pake operator lain. Dan untuk penggunaan data selama 3 hari, aku hanya perlu mengeluarkan duit sebesar Rp. 1.993,- baikk yaa ?? ** Ngutip iklannya, meskipun aku gak dibayar🙂

Tenaga Kuda

Snap4_PowerUntuk urusan tenaga dan kekuatan batere, HTC Snap kayaknya emang ditujukan untuk keperluan messenger, email dan kebutuhan online lainnya.

Lihat gambar diatas… Batere terisi penuh tanggal 20/07/2009 jam 1 siang… dan setelah pemakaian selama 29 jam ato 1 hari penuh lebih 5 jam, sistem baru mengeluarkan Alert untuk segera mengisi batere (lihat gambar sudut kanan atas).

So… untuk urusan batere gak usah diragukan lagi dehhh…

Kelebihan

  • HTC Snap cukup kuat untuk mengelola ratusan email
  • Biaya cukup murah sesuai kartu dari operator
  • Batere cukup kuat meskipun GPRS/3G diaktifkan

Kekurangan

Kinerja sedikit menurun kalo udah mentok mencapai 500 email sesuai batas maksimal SEVEN versi gratisan (BETA). Kemungkinan untuk versi yang bayar hal ini gak akan ditemui… tapi blom dicoba.

Artikel terkait:

13 thoughts on “HTC Snap Review: Push Mail Stress Test.. [Jilid 3]

  1. indrag berkata:

    boss, ane pake TYTN II… dan baru aja install seven setelah tau dari tulisan ente…
    tengs,

    btq ada masalah satu biji!
    gak ada notifikasi kalo ada email masuk…
    udah coba diutak atik di sound and notification tapi tetap sepi tuh… :p

    ada saran?

    • Coba masuk ke Sound Notification… coba pastikan “Display message on screen” udah dicentang… harusnya berhasil dan muncul sound notification… karna aku jg pernah ngalami hal yg sama.

  2. neoxeo berkata:

    Lagi nyari pengganti BB 8310 ni, begitu baca tulisan bro SyamSyah langsung tertarik HTC Snap. kalo boleh tahu audio port HTC ini 2,5 mm atau 3,5 mm? Thanks sbl nya bro!!

  3. @victor: hehehe… bakalan lebih awet lagiii…. hehehe… btw sebenarnya waktu dapet sinyal 3G gak terus menerus, tapi kadang turun ke GPRS kadang juga ke HSDPA

    @harunjo: nais inpo boss..

  4. kaskus metade berkata:

    Boss, snap ente dah dicoba untuk call batrenya tahan brapa lama blom ?
    Soalnya pengalaman buruk nie sama HTC Touch Pro, cman kuat call 1 jam 45 menitan aj, itu dari batre full charge langsung telp… niat banget pake snap cman kalo kjadian lagih, sedih deeeh T_T

  5. Gokart Edan berkata:

    Gan gimana cara setting Internet pake GPRS di Snap dengan artu IM3 ?

    Apakah bisa setup lebih dari 2 Alamat email di Snap dan semuanya bisa otomatis nge-push email ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s