HTC Snap Review: Fitur utama… [Jilid 2]

htc-logoMelanjutkan tulisan sebelumnya yang berisi tentang disain dan fisik HTC Snap, kali ini aku mencoba berbagi tentang fitur-fitur utama yang ada di HTC Snap.

Home (Today) Screen

Untuk produk-produk HTC seri TouchScreen, bisa dipastikan menu utama atau Today Screen pasti diisi dengan program TouchFLO yang keren dan sangat membantu user dalam melakukan navigasi dan memanggil beberapa perintah hanya dengan sentuhan jari.

Snap_Home_Screen

Tapi kali ini, karena Snap menggunakan OS Windows Mobile (WM) Smartphone (Non touchscreen) maka Today Screen bukan lagi diisi dengan TouchFLO tapi diisi oleh program HTC Home (lihat gambar diatas) yang juga tak kalah menariknya dengan TouchFLO.

Ada beberapa menu utama yang ditampilkan di Home Screen dan untuk mengaksesnya tinggal geser trackball keatas ato kebawah, untuk sub menunya tinggal geser trackball kesamping kanan ato kiri… cukup mudah dan menyenangkan.

Snap_AlertSelain itu, informasi terkini yang membutuhkan perhatian / respon akan langsung ditampilkan di Home Screen. Contohnya (liat gambar diatas) pengirim dan isi email yang langsung ditampilkan di home screen, termasuk juga SMS, missed call dan lain-lain.

Dengan fitur seperti ini, user bisa langsung membaca informasi terbaru tersebut hanya dengan menggeser trackball tanpa perlu membuka lagi program terkait, kecuali kalo pengen membaca dengan lebih detil.

Inner Circle

Salah satu fitur andalan dari Snap adalah InnerCircle… sebuah fitur terbaru yang akan membantu user dalam melakukan filtering email-email penting dari orang-orang terdekat.

Snap_InnerCircleHTC Snap menyediakan satu tombol (bulat hijau) yang didedikasikan khusus untuk akses cepat ke program InnerCircle. Lihat contoh gambar diatas, ada 56 email yang masuk ke inbox… tapi setelah aku menekan tombol InnerCircle, dalam sekejab… email yang ditampilkan menjadi hanya 7 item!

Sebuah fitur yang sangat revolusioner, mengingat saat ini banyak sekali user yang mengaktifkan Push Mail kedalam gadget yang mereka miliki. Dengan begitu banyaknya email yang masuk, akan menyulitkan user untuk membaca satu persatu email tersebut… tapi sekarang, HTC Snap telah memberikan solusi yang jitu!

Typing & Browsing

Untuk produk-produk seri touchscreen, emang pengoperasian PDA bisa lebih cepat karna user tinggal menyentuh menu-menu yang ada dilayar. Tapi adakalanya user merasa kurang nyaman saat melakukan pengetikan, baik itu menggunakan stylus ato Onscreen Keyboard.

HTC Snap dibuat untuk memudahkan user dalam melakukan pengoperasian PDA phone secara cepat dan nyaman, oleh karena itu disain fisiknya yang mirip Blackberry menyediakan QWERTY Keyboard dan Trackball memberikan rasa nyaman saat melakukan typing dan browsing.

Snap_Typing

Liat contoh gambar diatas… mengirim pesan SMS, Email ataupun pengetikkan lainnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Termasuk juga untuk browsing di internet, dengan menggeser trackbal keatas, kebawah dan kesamping membuat fesbukan lebih maknyusss hehehehe…

Global Positioning System (GPS)

HTC Snap dibekali juga dengan chipset GPS yang akan memudahkan user dalam melakukan perjalanan keluar kota ataupun jalan-jalan yang belum pernah dilalui dengan panduan langsung dari satelit.

Snap_GPS

Didalam paket software standar, Snap udah diinstall QuickGPS dan GoogleMaps. QuickGPS berguna untuk melakukan download data satelit yang akan bermanfaat untuk mempercepat proses searching & locking satelit.

Sedangkan GoogleMaps digunakan untuk melihat peta ataupun melihat rute-rute yang akan dilalui dalam perjalanan menuju tujuan. Sebenarnya meskipun menggunakan GoogleMaps tanpa perlu adanya chipset GPS juga bisa, tapi dengan adanya GPS akan menghasilkan posisi yang lebih akurat alias selisih 0-5 meter dengan lokasi aktual.

Kalo gak pake GPS, aku pernah tes… keakuratan antara lokasi aktual  dengan lokasi di peta GoogleMaps selisih sekitar 75-200 meter. Lain kali kalo ada waktu aku akan bahas tersendiri tentang GoogleMaps.

Multimedia

Selain kemampuan canggih seperti dijelaskan diatas, Snap juga dibekali dengan fitur multimedia yang sangat menarik. Bisa memainkan beberapa jenis file audio dan video dengan mudah.

Snap_MultimediaKualitas audionya pun gak kalah ama produk-produk Sony Ericsson, suara yang dikeluarkan pun cukup bening, nyaring, dan bikin semriwing hehehe… palagi kalo dengerin lagu pake headset, suara yang dihasilkan lebih maknyuss😀

Untuk kebutuhan pemotretan digital, Snap dilengkapi dengan kamera berukuran 2 megapixel dengan sensor yang cukup baik. Lihat hasil pemotretan dibawah ini… baik indoor ataupun outdoor, poto yang dihasilkan cukup bening dan boleh dibilang lebih dari cukup untuk mengabadikan berbagai momen yang terjadi.

Snap_Camera

Internet Connection

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok, maka HTC Snap pun dibekali dengan kemampuan untuk menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi menggunakan Teknologi HSDPA 7.2 Mbps.

Untuk hasil yang lebih maksimal, manfaatkan Snap sebagai USB modem. Maka kamu bisa browsing, download dan upload dengan kecepatan tinggi (tergantung lokasi, sinyal & operator).

Snap_HSDPA_Conn

Aku pernah coba download file 16 Mb dengan menggunakan kartu Telkomsel Flash, dan hasilnya pun luar biasa! Kecepatan rata-rata download bisa mencapai 145 KB/s padahal kalo pake Speedy, biasanya kecepatan rata-rata stabil di angka 50 KB/s.

Gambar diatas menunjukkan proses download file dan juga hasil benchmark menggunakan speedtest, dan hasilnya pun menurutku sangat bagus.

Kesimpulan:

Didukung processor yang cepat dan juga berbagai macam perangkat canggih sekaligus software yang menarik, HTC Snap menawarkan berbagai kemudahan hanya dengan 1 gadget tipis dalam genggaman tangan.

Selain itu, HTC Snap membuat user menjadi semakin nyaman dengan kemampuan typing & browsing yang sangat baik. Selain spesifikasinya yang sangat canggih plus disain fisiknya yang dilengkapi dengan trackball dan qwerty keyboard menjadikan HTC Snap wajib dimiliki oleh penggemar Windows Mobile.

Puff… capek juga printscreen dan bikin tulisan ini… tapi alhamdulillah akhirnya jadi juga…

* Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan keinginan untuk saling berbagi

Artikel terkait:

47 thoughts on “HTC Snap Review: Fitur utama… [Jilid 2]

  1. Victor berkata:

    bro, mau tanya kalo battery life bagus ga ? dengan koneksi 2G all time, push email Seven dan IM via Palringo..

    Cheers…

  2. Theofillus Suyanto berkata:

    Dari review nya , kok tidak dibahas tentang fitur chattingnya ya ?

    Bisa chatting dg software apa saja ??

    untuk proses Chatting via yahoo messengger apakah bisa join ke conference room diinvite maupun menginvite pak Syam ??

  3. billbull berkata:

    @bro syamsyah: mohon petunjuknya karena semenjak punya HTC snap, belum bisa mengaktifkan GPS. saya pakai google maps, namun selalu “0” satellite detected. fasilitas my location yg katanya bisa locate posisi tanpa GPS juga tdk berfungsi.

    Saya jadinya bingung apakah yg salah lokasi saya atau HTC Snap nya?! saya selalu pastikan pandangan yg jelas ke langit & tanpa halangan ketika menjalankan google maps

    NB: aGPS juga sdh terupdate dgn data terkini.

    untuk jawabannya, saya ucapkan banyak terima kasih

    • Coba download GPS Test dibawah ini

      http://handheld.softpedia.com/get/GPS/GPS-Test-34335.shtml

      Setelah itu install n jalankan GPS Test… awalnya akan inisial mencari GPS Chipset, setelah itu tunggu proses searching n locking satelit… sebelom dapet satelit, status masih “GPS Starting Up” tunggu sampe dapet 4 bar hijau dan setelah status “GPS Running” baru jalankan Google Map.. dijamin langsung oke

      Untuk lama gaknya proses searching n locking satelit sangat bervariasi, terutama tergantung lokasi. Rata2 dapat satelit sekitar 2-5 menit.

  4. billbull berkata:

    Thanks berat untuk masukannya bro Syam.

    Namun sayang sekali saya mentok di tahap “GPS starting up”. memang ada angka2 random yang muncul. namun semuanya hanya 1 bar warna merah. saya sudah menunggu hingga 15 menit, namun tdk ada perubahan apa2.

    sepertinya htc snap saya bermasalah. GPS test mampu mengenali hardware GPS namun terkesan sinyal yg ditangkap amat-sangat lemah. saya mencoba nya di atap rumah (heheheh…) ngak mungkin sinyal kurang kuat

    Bro Syam punya Snap tdk semacam ini kan?! apakah bro pernah punya pengalaman semacam ini? dapat kah dikatakan bahwa GPS pada HTC Snap saya bermasalah?

    Bingung banget, soalnya baru kali ini punya perangkat GPS. Thanks buat jawabannya.

    Regards,
    Billbull

  5. izza berkata:

    Mas Syamsyah
    saya mw tanya mengenai htc snap,
    Baru kali ini saya punya hp yg mempunyai fitur seperti yang ada di htc snap. yg saya tanyakan, klo untuk mengirim sms ga bisa. itu kenapa ya? padahal telpon / terima sms bisa. gmn ya pengaturannya?
    terima kasih …

  6. @billbull: coba lagi aja di lokasi yg lain, sapa tau pas dirumah emang kurang bagus posisinya

    @izza: merk hpnya aja bro ???? klo sms mungkin di setting nomor SMS Centernya

    • wien berkata:

      ikut nimbrung, Bro.. saya mendapat problem yang sama dengan bro billbull. GPS ngga mau juga aktif ditungguin kapan pun lamanya. udah dikomplin ke penjual, tapi penjual juga bingung mo ngetes karena ada di dalam gedung😀

      sebenernya ada cara lain ngga buat cek gps bisa berfungsi apa ngga?
      kalo garmin, bisa ngga ya dijalankan di Snap? makasih banyak…

  7. neoxeo berkata:

    bang syam yg budiman, mau nanya bagaimana caranya menggunakan snap jadi dial up modem ya??? saya sdh install activesync di pc tapi kok snap nggak kedetect jadi dial modem di laptop?? MOHON PENCERAHAN
    TERIMA KASIH SEBELUMNYA

  8. billbull berkata:

    Hi Bro Wien,

    Snap saya sdh klr msk Sistech service center di semanggi tanpa ada hasil. kata teknisinya sdh ganti mainboard (nomor IMEI baru) namun tdk memberi hasil. kini sdg ganti mainboard utk ke-2 kali. namun teknisinya masih belum yakin, saya sdh complain ke HTC lewat email. namun balasannya “sabar, tunggu, sabar, tunggu, maaf….”

    kabar2 yah kalau Bro Wien ada perkembangan🙂

  9. billbull berkata:

    Laporrr…

    HTC Snap sdh balik & GPS bekerja dengan lancar. Tdk ada kesulitan menangkap sinyal GPS asalkan tdk banyak halangan ke langit.
    Itu murni kerusakan pabrikan. setelah ganti mesin (untuk kedua kali) semua bekerja dengan lancar

  10. gita berkata:

    sory bos ikut nimbrung
    cara connect internetnya gmn??
    snap saya g bisa conect
    saya pke kartu im3
    mohon bantuannya para master
    thx

  11. indra berkata:

    hlo mas syamsyah…gw mau nanya,,,sebelumnya gw baru terbilang baru dalam masalah smart phone,,,dulu cuman make yang biasa aj,,krn berhubung,,kebutuhan perkuliahan makanya skerang beralih kesini,,,sekarang bingung mau pake yg bagus buat smart phone apa yah??tapi harga klo bisa yang cukup bersahabat,,hehe bagusan htc touch diamond apa snap ya??? mohon petunjuknya ,,,thx b4

  12. agung berkata:

    saya mau jual htc snap saya..
    barang masih mulussssssssssss…tidak ada kerusakan dan gangguan apapun dijamin 100%
    masih ada garansi 1 tahun, baru beli sebulan yang lalu
    kardus, buku, kabel data + charger, headset, DLL masih pada komplit…
    plusss memory 4GB
    kemaren beli harganya Rp.4.300.000
    mau di jual Rp.3.700.000
    lagi butuh dana buat modal usaha!!!!

    untuk anda yang berminat bisa email ke : agungm69@yahoo.com
    atau..telp\sms ke : 085720275555 (bdg)
    di tunggu secepatnya..

  13. aryezta berkata:

    Numpang lewat lagi Om Syamsyam,

    Dear Respective Buyer,

    Jual HTC Snap S521, Mau di lepas 3.2 jt aja gan nego dikit
    Alasan di jual ingin bangun Vespa Matic

    Belum pernah di service, bongkar, dll
    Full ori set kumplit
    Screen protector
    99 % mulus
    1 % scratch minor di screen protector karena pemakaian normal
    Garansi Panjang, pembelian tanggal 4 august 09 di Bhineka point square jadi garansi sampai 4 August 2010
    Siap terima komplain gan……

    Oya satu lagi free External memory 4 GB

    KOndisi mulus banget deh..
    Fungsi normal , battery masih fresh

    Yang belum tau HTC Snap :

    Spesifikasi Produk

    General 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
    3G Network UMTS 900 / 2100 – for Europe and Asia
    UMTS 850 / 1900 – for North America
    Announced 2009, March
    Status Available. Released 2009, June
    Size Dimensions 116.5 x 61.5 x 12 mm
    Weight 120 g
    Display Type TFT, 65K colors
    Size 320 x 240 pixels, 2.4 inches
    – QWERTY keyboard
    – Trackball navigation
    Sound Alert types Vibration; Downloadable polyphonic, MP3 ringtones, composer
    Speakerphone Yes
    Memory Phonebook Practically unlimited entries and fields, Photocall
    Call records Practically unlimited
    Internal 192MB RAM, 256MB ROM
    Card slot microSD (TransFlash), up to 16GB, buy memory
    Data GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 – 48 kbps
    HSCSD No
    EDGE Class 10, 236.8 kbps
    3G HSDPA 7.2 Mbps
    WLAN Wi-Fi 802.11b/g
    Bluetooth Yes, v2.0 with A2DP
    Infrared port No
    USB Yes
    Camera Primary 2 MP, 1600×1200 pixels
    Video Yes
    Secondary No
    Features OS Microsoft Windows Mobile 6.1 Standard
    CPU 528 MHz processor
    Messaging SMS, MMS, Email, Instant Messaging
    Browser WAP 2.0/xHTML, HTML (PocketIE)
    Radio No
    Games Yes
    Colors Brown
    GPS Yes, with A-GPS support
    Java Yes, MIDP 2.0
    – MP3/AAC player
    – Pocket Office (Word, Excel, PowerPoint, PDF viewer)
    – T9
    – Organizer
    Battery Standard battery, Li-Ion 1500 mAh
    Stand-by 380 h (2G) / 480 h (3G)
    Talk time 8 h 30 min (2G) / 5 h (3G)
    Minat call / sms ya gan

    CP. Ariesta 0857 18 539373 / 021 988 44675
    Ym / ymail: sanggraandariesta@yahoo.co.id

    Cod only at Radio Dalam Jakarta Selatan & Cimanggis Depok, atau Bekasi Barat

    Kindly Regards,

    Ariesta

  14. Vidi berkata:

    Numpang nanya,
    gimana caranya supaya kartu IM2 bisa dipakai di HTC Snap ?
    trus, gimana caranya biar bisa jadi modem di netbook windows 7 starter ya ?
    mohon pencerahan…..
    maklum….gaptek total nih……..

      • wawan dwi prasetiyo berkata:

        maaf mas syamsyah,mau minta tolong diberitahu langkah-langkah apa yg harus dilakukan untuk membuat htc snap s521 sampai bisa menjadi modem. dan juga mau nanya service center untuk htc snap dimana ya?terima kasih atas segala bantuannya.sukses untuk anda

  15. Dewa berkata:

    Hai..Salam Kenal

    Saya Derry. Thanks banget untuk info Snapnya…gimana dengan fasilitas microsoft office mobilenya, bisa baca dan edit file office 2007 ngak ?

    Trims

  16. Hendrik berkata:

    Hi brother, mo minta info nich?! htc snap sy knp ga bs koneksi internet pake krtu mentari y? padahal sblm e pake axis: connection setting (auto) langsung ke detek & ga da mslh!

  17. dodi berkata:

    mas saya mau tanya untuk setting gprs telkomsel di htc snap bagaimana, saya sudah masukkan settingan di menu gprs dan proxynya tapi tetap tidak bisa. Apa ada pilihan lain tolong bantuannya. thanks

  18. Pretty component of content. I just stumbled upon your site and in accession capital
    to assert that I acquire actually loved account your blog posts.
    Anyway I will be subscribing for your augment and even I fulfillment you
    get entry to consistently quickly.

  19. I’d like to thank you for the efforts you’ve put in penning this site.
    I’m hoping to see the same high-grade content by you later on
    as well. In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my very own blog now😉

  20. The fx -74 processor out performs Intel’s Core 2 Extreme QX6700, with a 3.
    By using tyis AMD treatment three-pronged attack on macular
    degeneration every day for six to twelve moonths patients
    are reporrting improvements in their vision whichh waas previously unheard of with this debilitating eyee disease.

    Vizio will attend CES 2011 with its new 21:9 Cinema
    TV. This year exhibition is currently scheduled tto last from
    Thursday, January 6 to Sunday, January 9. If AMD doesn’t speak to you in that way, intrepid tech investors have other options.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s