Penipuan model baru di Facebook Marketplace ???

Beberapa hari yang lalu aku coba jual PDA phone iPAQ 6828 di Facebook Marketplace (FBM). Sebenarnya iseng aja sih jualan di FBM, sapa tau nemu pembeli dengan harga yang cocok.

3 hari setelah pasang iklan, aku terima private message (PM) dari Sherry Lanser yang mencoba membeli dengan menawarkan pembayaran melalui paypal.. liat gambar dibawah.

tipufacebook1
Meskipun barangnya belum laku dan gak pengen resiko ngirim keluar negeri, aku balas aja barangnya da laku, dan Sherry gak balas lagi.

Karna belom laku, iklan di FBM belum aku hapus dan kali ini dapat PM lagi dari user lain dengan nama Necy Popy. Liat pm seperti gambar dibawah ini…

tipufacebook2
Hampir sama dengan pm sebelumnya dari Sherry Lanser, menawarkan pembayaran melalui Paypal dan sama-sama minta dikirim ke West Africa untuk Ulang Tahun. Waahh… aku jadi curiga, jangan-jangan ini komplotan yang berusaha menipu.

Karna penasaran aku coba pancing Necy Popy dengan menawarkan harga yang menurutku sangat mahal… sekitar $400 ato 4 jutaan… harga yang sangat mahal tuk pda phone iPaq 6828 seken.

Aku menduga kalo dia menyetujui harga yang gak masuk akal ini, bisa dipastikan komplotan penipu… dan ternyata bener! Necy Popy menyetujui harga tersebut.

Dengan kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan, aku berusaha memancing dengan pertanyaan lainnya… tapi akhirnya berhenti karna Necy Popy tau kalo iklanku da gak ada lagi.

Dari pengalaman diatas, bisa disimpulkan sendiri… penipu ato gak ???

  • Barang dikirim ke West Africa
  • Sebagai kado untuk sodara, teman dll
  • Berani di harga tinggi

Hati-hati aja deh dengan modus seperti diatas.

16 thoughts on “Penipuan model baru di Facebook Marketplace ???

  1. kalo melihat cerita diatas belum tentu juga itu penipuan, kan blm terbukti, jd gak boleh su’udjon dong, hehe…
    harusnya coba aja dikasih account paypal, kali aja ditransfer beneran hayo?
    coba aja kasih paypal ku,hehe… (PM jika berminat)

  2. kalo melihat cerita diatas belum tentu juga itu penipuan, kan blm terbukti, jd gak boleh su’udzon dong, hehe…
    harusnya coba aja dikasih account paypal, kali aja ditransfer beneran hayo?
    coba aja kasih paypal ku,hehe… (PM jika berminat)

  3. @windu: sippp

    @mmn:
    thanks… makanya ditulisan ini aku gak menyimpulkan mereka penipu… lihat tanda tanya-nya hehehehe… aku cuman berbagi info aja buat temen2 yang lain agar lebih hati-hati…

    Waktu itu sebenarnya aku pengen lanjutin tapi keburu ketahuan barangnya da laku😀

  4. salamunblog berkata:

    kalau memang mau nipu kenapa tanggung amat ya, tapi bagaimapun kita
    mesti berhati hati dengan informasi di dunia maya ini

  5. Wah, terima kasih infonya ya…
    padahal mau pasang di FBM nih…
    mungkin kalau ada pm begitu.. akan aku jawab khusus pasar dalam negeri gitu kali ya…

    Makasih ya

  6. MangsaPaypal berkata:

    Memang banyak penipuan paypal ni. Dulu masa aku mula-mula dapat akaun paypal aku ada buat belian paypal aku ingat masa tu semua orang jujur tapi dia kenakan aku jadi kawan-kawan semua ingat jangan terpedaya.Mungkin itu pengalaman pertama aku dalam paypal mungkin lepas ni kene beringat dan byk berhati-hati. Kepada semua ni nama dan akaun maybank mamat tu. Aku harap biarlah itu cara dia cari rezeki haram mungkin satu hari dia akan rugi dan hidup tentu takkan senang akhirat nanti aku akan tuntut juga.. INI nama dan no akaun maybank dia dan juga e-mail dia aku dah buat laporan polis

    To Open 3rd Party Account : 153083190773
    3rd Party Email Address : binggohero@yahoo.com
    Account Holder Name : AHMAD NAZAR BIN MAMA

  7. dhenoer berkata:

    Aku masih pake Paypal hingga sekarang untuk traksaksi online. Mencari hostingan pun, lebih disukai yang bisa dibayar dengan Paypal. Bayar pake kartu kredit jauh lebih beresiko, karena khawatir seller tidak menggunakan pihak ke-3 yang dipercaya memegang data kartu kredit kita. Hingga sekarang aku masih percaya Paypal.

    Dalam tulisan ini, istilah menipu rasanya ngga tepat. Judulnya terlalu memprovokasi, padahal belum tentu terjadi kasus penipuan itu. Kalau pembeli meminta Paypal, tentu karena ia lebih prefer dengan itu. Jikalau saat itu aku tertarik dengan iklan tersebut, kemudian menanyakan apakah bisa dibayar dengan Paypal, jangan-jangan penjual mengira aku mau menipu.

    Tetapi memang perlu kehati-hatian bagi pemilik Paypal (termasuk semua penguna transaksi ePayment), jangan sampai diBODOHI! Seorang penipu akan berusaha membobol account Paypal kita dengan cara yang mirip seperti membodohi pemilik kartu ATM. Penipu bilang mau mentransfer uang, tetapi kemudian dengan kepiawaiannya malah berhasil menggiring penjual agar melakukan transaksi transfer di mesin ATM. Kebanyakan korbannya tidak mengerti bahasa Inggris. Si penipu menggiring korban masuk ke menu berbahasa Inggris.

    Dalam hal penipuan dengan Paypal, penipu biasanya akan menggiring korban memasuki website palsu yang tampilannya mirip Paypal. Mereka mengatakan sudah mentransfer dana ke account Paypal kita, lalu ia memberi link lewat email untuk di-klik sebagai bukti.bahwa transfer sudah sukses. Padahal itu link ke website Paypal yang palsu. Kalau kita login pada website palsu tersebut, maka passwordnya akan tercatat.

  8. Terimakasih informasinya. kalau melihat postingnya, sepertinya sih belum termasuk digolongkan scam, karna buyer (Shery & Nancy) belum sampai meminta account data pribadi, tapi memang sudah sejak lama banyak sekali penipuan di internet yg menggunakan account paypal/cc.

    Saya sendiri pernah sekali melihat website online shop yg jual BB onyx hanya $200(padahal aslinya saat ini masih diatas $300), iseng2 nanya, direspon cepat sekali tapi anehnya menggunakan email google, bukan email domainnya, setelah saya balik nanya ada buyer protection atau nggak, setelah itu tidak dibalas lagi oleh si seller. Jadi lebih berhati2 aja mas terutama untuk bertransaksi di internet. kalau bisa gunakan escrow account untk keamanan account paypal kita, spt di ebay.

    Oia, ada website yg bisa dijadikan rujukan untuk penipuan di internet, namanya fraudwatchers.org disana ada berbagai jenis2 penipuan yg lagi marak diinet.

  9. Wah, iya nih mas.

    Masak aku ada 2 orderan, dari 2 orang yang beda pula. Tapi dikirimnya sama-sama West Africa, postal code nya sama, dua-duanya Surulere, Lagos. Alesannya ya buat ponakannya lah, buat temennya yang lagi ditugasin disana.

    Awalnya seneng, soalnya belom pernah sampe luar negeri gitu. Tapi skrg malah jadi takut..

    Enaknya diapain nih? kalo emang niatnya beli gmn??

Tinggalkan Balasan

