Formula Terbilang Untuk Microsoft Excel

Formula Terbilang

Formula Terbilang

Anggap aja ada sebuah file Microsoft Excel, dan didalamnya ada angka Rp. 5.000.

Karna kebutuhan tertentu yang mengharuskan menuliskan kalimat terbilang menjadi “Lima ribu rupiah” maka kita menulisnya secara manual.

Hal ini tidak akan merepotkan jika menggunakannya sekali dua kali. Tapi bagaimana jika hal itu menjadi bagian dari pekerjaan kita ??? tentu akan merepotkan dan buang-buang waktu.

Dibawah ini ada module/formula untuk melakukan konversi dari angka menjadi kalimat terbilang dan untuk bisa menggunakannya di file Excel harus dilakukan instalasi seperti langkah dibawah ini.

  • Buka Microsoft Excel
  • Klik menu Tools > Macro > Visual basic Editor
  • Klik KANAN ‘Microsoft Excel Objects’ > Insert > Module
  • Copy kode dibawah remarks ‘AWAL DARI KODE’ sampai diatas ‘AKHIR DARI KODE’
  • Klik menu File > Close and Return to Microsoft Excel
  • Formula Terbilang siap digunakan!

***AWAL DARI KODE***

'Kode oleh UNKNOWN

Public Function Terbilang(ByVal nNilai As Currency) As String
Dim Grade As Variant
Dim strTerbilang As String
Dim strPart As String
Dim iGrade As Byte

Grade = Array("milyar ", "juta ", "ribu ", "")

strTerbilang = ""
If Len(CStr(nNilai)) > 12 Then
      strTerbilang = "Melewati batas konversi!"
Else
      strPart = Format(nNilai, String(12, "0"))

      For iGrade = 1 To 4
      If Val(Mid(strPart, (iGrade - 1) * 3 + 1, 3)) > 0 Then
         strTerbilang = strTerbilang & _
            GetRatus(Mid(strPart, (iGrade - 1) * 3 + 1, 3), iGrade)
         strTerbilang = strTerbilang & Grade(iGrade - 1)
      End If
      Next iGrade
End If

' Kembalikan nilai melalui nama fungsi-nya
Terbilang = strTerbilang + " " + "rupiah "
End Function

Public Function GetRatus(ByVal strPart As String, _
ByVal iGrade As Byte) As String
Dim Angka1 As Variant, Angka2 As Variant
Dim i As Integer
Dim strHasil As String
Dim nTemp As Byte

   Angka1 = Array("satu ", "dua ", "tiga ", "empat ", _
      "lima ", "enam ", "tujuh ", "delapan ", "sembilan ")
   Angka2 = Array("ratus ", "puluh ", "")

   For i = 1 To 3
      nTemp = Val(Mid(strPart, i, 1))
      If nTemp = 1 Then
         If i = 1 Then
            strHasil = "seratus "
         ElseIf i = 2 Then
            i = i + 1
            nTemp = Val(Mid(strPart, i, 1))
      If nTemp = 0 Then
         strHasil = strHasil & "sepuluh "
      ElseIf nTemp = 1 Then
         strHasil = strHasil & "sebelas "
      Else
         strHasil = strHasil & _
                  Angka1(nTemp - 1) & "belas "
      End If

      ElseIf Val(strPart) = 1 And iGrade = 3 Then
            strHasil = strHasil & "se"
      Else
            strHasil = strHasil & "satu "
      End If
      ElseIf nTemp 0 Then
         strHasil = strHasil + Angka1(nTemp - 1) + Angka2(i - 1)
      End If
      Next i
      GetRatus = strHasil
End Function

***AKHIR DARI KODE***

13 thoughts on “Formula Terbilang Untuk Microsoft Excel

  1. @dut or adjiep@dut:
    Bos dut pake office versi brapa ?? klo pake office 2007 gak bisa… coba pake office 2003 pasti oke. Bukannya gak mau jawab, cuman kan gak setiap saat online di blog… so harap maklum klo balesnya telat…😀

  2. tutik winarni berkata:

    eh ada gak modul yang buat konversi tanggal ke dalam kalimat?? contohnya gini.. 1/9/2008 diubah menjadi “tanggal satu bulan september tahun dua ribu delapan”

  3. Elkie berkata:

    @Kentut : Bro coba cek security settingnya Excel, kalo ga salah 2007 ketat soal pemakaian macro…defaultnya semua Macro di cegah eksekusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s