Gejala Demam Berdarah ???

Akhirnya… setelah melalui serangkaian acara pernikahan adikku dan adik istriku akhirnya memakan korban juga. Dzaky mulai senin malem kemaren ( 14.07.2008 ) tubuhnya panas tinggi sampai 40 derajat tapi selasa pagi udah turun. Dan seperti balita pada umumnya, kalo tubuhnya ngerasa gak sehat, bawaannya rewelll terusss dan minta gendong teruss…

Karna selasa malam mulai panas lagi, akhirnya kubawa ke dokter umum dekat rumah, ama dokternya diberi obat penurun panas dan diingetin kalo sampai kamis panasnya belum turun segera berobat lagi untuk diambil darahnya untuk mengetahui penyakitnya.

Bener juga, rabu malam panasnya masih tinggi sampe 40 dan kamis pagi karna panasnya belum juga turun terpaksa aku ijin potong cuti kerja tuk ngantarkan dzaky berobat ke dokter anak.


Nyampe rumah sakit, dzaky langsung diselimuti kain basah mulai kaki sampai lehernya sekedar untuk menurunkan panas tinggi (seperti poto diatas). Sempet juga diberi obat penurun panas semacam cairan/gel didalam wadah semacam pipet warna hijau dan dimasukkan lewat dubur.

Setelah kami ceritakan keluhan sakit yang diderita dzaky minggu ini, dr. Dina langsung menyarankan untuk diambil darah dan air kencingnya. Setelah kami serahkan hasil tes darahnya, dr. Dina langsung menyarankan agar dzaky dirawat inap karena diduga gejala demam berdarah karena trombositnya turun jadi 140 padahal normalnya 150-400 dan WCB/Leko mencapai batas minimal yaitu 4,7 dari normal antara 4,0 – 11,0.

Saat di RS, kesehatan dzaky menunjukkan proses pemulihan yang sangat baik… malamnya udah gak panas lagi. Dan jumat pagi diambil darah lagi dan siangnya diijinkan boleh pulang! Alhamdulillah… Antara terkejut dan senang, aku dan mamanya dzaky gak menyangka kalo perawatan dzaky di RS sangat singkat.

Jumat siang itu juga kami langsung pulang ke rumah… wahhh seneng deh bisa pulang dengan cepat!!! Tapi hal itu gak berlangsung lama… malamnya disekujur tubuh dzaky timbul kemerah-merahan terutama di punggungnya dan dibawah leher. Karna takut terjadi apa-apa, mamanya dzaky kontak dr. Dina dan menurut beliau, hal ini adalah proses yang wajar setelah si anak mengalami panas tinggi selama 3 hari.

Untuk amannya, sesuai saran dari dr. Dina sabtu pagi kontrol ke RS dan setelah dicek oleh dr. Dina, kemerah-merahan tersebut masih dianggap hal wajar dan normal setelah panas tinggi.

Alhamdulillah minggu ini dzaky udah ceria kembali dan mulai nakal lagi, lari kesana-kemari (sampe kepalanya benjol karna terjatuh), buang-buang koran/majalah dan membuat barang-barang dan mainan berserakan dimana-mana… aahhh itulah dunia anak kecil, menunjukkan bahwa anak kita dalam keadaan sehat, aktif dan pintar.

4 thoughts on “Gejala Demam Berdarah ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s