24 Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia

Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia karena sampai saat ini blom ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia.

Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.

  • Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
  • Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  • Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  • Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  • Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  • Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  • Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
  • Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  • Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  • Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  • Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  • Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  • Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  • Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  • Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  • Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  • Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  • Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  • Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  • Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  • Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Sumber: Tidak diketahui

71 thoughts on “24 Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia

  1. suhadinet berkata:

    bloGEsam: Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia
    ===
    Juga penghancur hutan tercepat di dunia

    • Randy berkata:

      Indonesia dari dulu memang sudah kaya, terbukti Belanda sama Jepang aja mau menjajah Indonesia, karena ingin menguasai kekayaan Indonesia. tapi sayang setelah merdeka, rakyat tidak bisa menikmati hasil kekayaan yang Allah berikan, semua dikuasai oleh pejabat2 yang tak bertanggung-jawab. hasil kekayaan Indonesia hanya untuk kantong pribadi mereka. Presiden dari Zaman Soeharto sampai SBY sama aja, gak ada satupun yang peka terhadap kesengsaraan rakyat, jelas2 rekor di atas memperlihatkan kepada kita bahwa Indonesia adalah Negara Kaya, kalau tidak mau di sebut Paling Kaya. tapi lihatlah apa yang terjadi, bisa di bilang lebih dari 70% penduduk di Indonesia hidup dalam kemiskinan. kita punya wakil rakyat di DPR, sayang setelah duduk di sana, mereka punya penghasilan Milyaran rupiah/orang.

  2. Iya nihhh.. sayang sekali…. dengan kekayaan alam yang begitu luar biasaaa seharusnya Indonesia bisa menjadi salah satu bagian dari negara-negara kaya dunia.

  3. potensi yang luar biasa yang dimiliki oleh negeri ini seharusnya kita bisa di perhitungkan di kancah international. tapi ironis, dengan berbagai macam nominasi nomor satu yang kita dapat, salah satunya adalah termasuk negara terkorup di dunia, sayang sekali…….

  4. mungkin karena negara ini terlalu kaya makanya rakyat indonesia jadi manja, seharusnya kita sadar kalau saat ini kita dijajah, banyak yang mengincar kekayaan negara ini. kalau kita bisa mengexpor minyak kenapa kita harus beli lagi dari luar negeri, coba pikir itu cuma salah satu contoh.

  5. erioo berkata:

    indonesia negara dengan suku paling banyak di dunia sampe sekitar 700an ya?ini juga yang buat negara kita ga bisa maju2.kebayang ga sih ngebuat 1 aja perubahan atau standar dalam masyarakat harus memeperhatikan sisi negatif positifnya dari sudut pandang 700an pola pikir?
    jadi jujur aja ngga usah malu,sebagai satu keunikan dan kelebihan yang mungkin selama ini kita banggakan,coba pikirkan berapa banyak ketinggalan kita hanya oleh karena kemajemukan yang kita bangga2kan?sudah saatnya kita berfikir bahwa ini juga adalah satu rekor yang tak perlu di banggakan,tapi justru bikin kita susah berkembang…..

  6. @herry:
    setuju boss… tp gak usah liat korupsinya laah… setidaknya akhir2 ini KPK telah menunjukan kinerja yang cukup baik… sedikit demi sedikit… Insya Allah… Indonesia akan mulai bangkit (positive thinking aja)

    @yankie:
    yang manja sebenarnya cuman segelintir orang2 berkuasa

    @rezco:
    setuju… nicknya kayak resco explorer.. hehehe:)

    @priandoyo:
    TOP BGT… hehehe

    @realylife:
    ayooo… beberapa generasi2 muda udah mencetak rekor dengan menjuarai beberapa olmpiade pendidikan tingkat internasional

    @erioo:
    Aku tidak setuju dengan anda, kalo melihat dari sisi negatif ajaa… itu malah yang gak bisa bikin maju…. selalu kebentur dengan prasangka negatif… jelekk.. de ell… makanya aku tayangkan tulisan tersebut untuk mulai berpikir positif… hilangkan semua kejelekan2 yg selalu menempel… mulai bangkit… mulai maju… mulai bangga dengan Indonesia.

  7. Nah kan Indonesia adalah negara yg hebat dan kaya. harus bangga ni, tinggal kurangin berantem dengan saudara sendiri dan berantas korupsi.

  8. salam kenal mas …….

    nyontek dikit ya Indonesia adalah produksi segala ada :

    pengexspor kayu
    pengxspor minyak
    pengexspor anak
    wah pokoknya segala ada deh ….

  9. @adji:
    doain aja kerja KPK lebih mantappp…

    @herman:
    itu yang sangat disayangkan

    @budimeong:
    gak lupa boosss… postingan ini tujuannya ingin mengurangi sisi negatif yang selalu melekat di tanah air kita

    @doelsoehono:
    “pengekspor anak” ??? maksudnya apa nihh… pengekspor TKW ??? salam kenal juga bosss:)

  10. valent berkata:

    “Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).”

    tapi kenapa petani ga ada yg hidupnya makmur y..
    tanya kenapa…?? salah siapa…??

  11. begitu kayanya indonesia…tapi kenapa rakyatnya masih berada dibawah garis kemiskinan.
    pantas saja sering terjadi bencana alam di negara kita ini, lagian ekspor hasil alamnya sampai rating tertinggi didunia…
    pemimpin kita pintar tapi juga sekaligus pintarrrrrrrrrrrrrrrrrrr………

  12. blograsacola berkata:

    JUSTRU YG NEGATIF ITU JADI CERMINAN.. JGN TAKUT MENGAKUI KEKURANGAN.. JGN DITUTUPI, TP HRUS DIPERBAIKI!!
    -DI INDONESIA, GA KORUPSI G BKALAN BISA NYEKOLAHIN ANAK, MAKAN AJA SUSAH
    –DI INDONESIA BNYAK YG NGMONG ANTI KORUPSI TP SNDIRINYA SUKA KORUPSI
    –PETANI BNYAK YANG KAYA, TP KEKAYAANYA ABIS MA LINTAH DARAT
    –ORANG INDONESIA BNYAK NYALAHIN ORANG, KSI SOLUSINYA NGGA
    –PINTER BOONG, NGAKUNYA BANGSA YG RAMAH TAMAH, MA SODARA SENDIRI BRKELAHI
    –BNYAK YG SOK KEREN, BKIN GENG-GENGAN GA JELAS,, IKUT2AN PAKE NARKOBA,,
    –KEKAYAAN ALAM BANYAK, TAPI DIAMBIL ASING SEMUA
    –HIDUP INDONESIA!!
    (MAAF YA.. KEYBORD KU CAPS-LOCK NYA G BSA MATI :-()
    LAM KNAL JUGA AH MA SMUA:-)

  13. @shiinacutie:
    wahhh senang diving yaa… ???/

    @valent:
    tanya ken.. apa ????

    @joeanda:
    mungkin saking pintarnya pemimpin kitaaa yaaa…

    @fiona:
    aku dukunggg…. I LOVE INDONESIA

    @katroboy:
    Sekali lagiii… tanya ken… apa ????

    @zoel chaniago:
    semoga membawa sedikit kebanggan bagi warganya

    @blograsacola:
    SETUJU KALO NEGATIF JADI CERMINAN… TP JANGAN SAMPAI CERMIN NEGATIF JADI PATOKAN, SEKALI-KALI LIHAT CERMIN POSITIF, BETAPA CANTIKNYA INDONESIA, BETAPA KAYANYA INDONESIA, BETAPA LUAR BIASANYA INDONESIA… SEJENAK… KITA LUPAKAN CERMIN NEGATIF…

    TERLALU SERING BERADA DI CERMIN NEGATIF AKAN MELUPAKAN KITA KALO DIDEPAN ADA CERMIN POSITIF… DAN TERBUKTI DI BLOG INI, SEMUANYA PADA NGACA DI CERMIN NEGATIF… PADAHAL DIDEPAN SUDAH JELAS SEKALI ADA CERMIN POSITIF… CERMIN YANG BAIK UNTUK MULAI SESUATU… CERMIN UNTUK BANGKIT… CERMIN BANHWA KITA MEMPUNYAI SESUATU YANG PATUT DIBANGGAKAN…

    TERLALU SERING KITA NGACA DI DEPAN CERMIN NEGATIF… TERLALU SERING KITA NJELEK2AN BANGSA SENDIRI… TERLALU SERING KITA NGOLOK2 TANAH AIR SENDIRI… TERLALU SERING KITA NGUMPAT2 RUMAH KITA SENDIRI… KAPAN KITA MENOLEH KE CERMIN POSITIF ????

    *MAAF CAPSLOCK-NYA DISENGAJA HIDUP:)

    Salam kenal juga dari warga Indonesia

    @triaslama:
    setuju bunggg… itu semua tergantung individu.. bukan bangsanya…

    @warto:
    Kita doakan aja KPK bisa berbuat yang semaksimal mungkin tuk memberantas para koruptor

    @aditya20:
    sekali lagi… tanya ken.. apa ??

    @wirasantana:
    1 cermin negatif yang selalu dijadikan tempat ngaca.. padahal ada 24 cermin positif di depan kita

    @salam revolusi:
    jangan lupa ke-24 rekor dunia milik Indonesia

  14. yupps… bener bangeet, kita cuma bisa nge-jelek-jelekin tanah air kita sendiri, padahal kita sendiri yang membuat tanah air kita menjadi kayak gini…
    @bloGEsam
    ana posting di blog ana ya… thanx mas….

  15. recun berkata:

    masih banyak ko rekor dunia yg belum tercatat, di antaranya:
    1. negara dengan jumlah koruptor terbanyak sedunia
    2. sampah terbanyak
    3. pengemis terbanyak
    4. pengamen terbanyak
    5. pengangguran terbanyak
    6. artis yang kurang berpotensi tapi super pede terbanyak
    7. sinetron terbanyak apalagi yg kejar tayang
    pokonya masih banyaklah yg ga mungkin disebutkan satu persatu

  16. pins berkata:

    setuju saja , memang negara kita inilah yang paling baik,
    hujan emas dinegeri orang hujan (lempar ) batu batu dinegeri sendiri kalau lagi kesel…….he he he…..lebih baik di negeri sendiri ( kata P patah )
    saudaraku…ayo kita bangun negeri kita ketimbang jadi TKI/TKW.

  17. Muh.Guntur coboby berkata:

    Orang,,yang patah smgt adlh org yg tdk akan prnh maju…Optimisme sgt dprlukan..Jika kita ingin mbngun negra ini kdpan,,tidakkah kita mlht kalau generasi kita adlh gnrasi trbaik dr seluruh bngsa di dunia!,trbukti dgn adnya brbgai prestasi di dunia,yg kbnyakan diraih olh gnrasi kita…Kita optimis bahwa bngsa kita pasti akn mjd bngsa termju di dunia..Wlaupun bkn skrg..Tp psti akn dtg,mlht gnrsi pnrus kita yg akan mjd gnrasi emas,,,olh karna itu jgnlah mengeluh krna kekrangan itu,bnyk bngsa didunia Yg memilki lbh bnyk kkrangan drpada bngsa kt…Kita hrus smgt mbngun bngsa ini,,,bangsa yg ada skrg adlh wrisan dri pndhulu kita,,yg drbt dgn drah dan airmata,,skrg tgl kita yg mewariskan hal ini kpd anak cucu kita…Dgn perjuangan untk mmajukan bngsa ini..Maukah anda kalau anak cucu kita mnrma wrsan keadaanx sprti skrg?Tentu tidk…Berjuanglah…

  18. Di sumber lain bahkan sudah mencapai lebih dari 30 buah. Saya yakin jumlah tersebut akan bertambah jika kita menggali dan melestraikan berbagai situs atau peninggalan budaya atau kekayaan alam yang tidak ternilai tersebut. Semoga semuanya bisa dilestarikan ya

  19. bangga terhadap indonesia, karna mempunyai wisata alam yang indah, seharusnya indonesia menjadi negara yang paling baik dari semua negara karena memiliki lokasi yang strategis dan indah…….

    ^_^

  20. sri berkata:

    meskipun kta bangga sebagai bangsa indonesia,N mengakui wlupun berbhenika tunggal ika,tpi nyata serng berantem antr agama,ada yg mengakui agamaX paling bgus,pdhlkan smuaX tuh sama aj,N knpa di indonesia ini ada yg mementing agamanya sendiri..!

  21. oji berkata:

    bangga akan yg ada membuat kita malah kepedean

    kita emg kaya tp knp org kaya banyak utang……
    aneh

    kita bkn org kaya tp org yg di perkaya oleh org2 brengsek

    fuck koruptor
    anji**

  22. Evan berkata:

    Wah, ternyata Indonesia hebat juga. . . Mudah – mudahan, nanti nama aku juga bisa masuk rekor dunia, dengan kategori ” orang terganteng & terkaya di dunia ” wkwkwkwk

  23. TEDY berkata:

    KAYAKNYA SEMUA REKOR INDONESIA UDAH DISEBUTIN, GW CUMA MO BILANG,,,, JGN PERNAH ADA NIAT NGEJUAL NEGARA INDONESIA KITA INI AMA NEGARA LAEN, SEPERTI PULAU2 YG UDAH TERJUAL………PEACE:)

  24. siapa ja bleh berkata:

    keren banget sumpah

    coba indonesia menjadi negara yang memiliki rekor duni terbanyak

    gue pasti bangga banget jadi warga negara indonesia

  25. joni berkata:

    INDONESIA NEGARA KAYA. YANG MASYARAKATNYA MISKIN DI KARENAKAN PEJABAT YG KORUP DAN HASIL KORUP DI INVESTASIKAN DI LUAR SEHINGGA RODA EKONOMINYA TIDAK BERJALAN ALIAS MANDEK TINGGAL TUNGGU KEHANCURAN

  26. bowo saputra berkata:

    iya tuh indonesia……………..indonesia sih emangkaya ………but, why…. indonesia belum maju yah?

  27. agus berkata:

    Oy………Mas…….pulau Jawa kan padat bnget karena hampir semua pusat kegiatan industri dipusatkan kesana. kalau menurut aku ni ya Mas………….gmana tanggapan Mas kalau diadakan pembangunan yang merata diluar pulau jawa misalnya ke Pekanbaru, Medan, Kalimantan………..kan siklus kepadatan penduduk bisa diatasi…………dan setidaknya tindak kriminal pun kan bisa dikurangi…………….

    • Aku setuju sekali, beberapa waktu yang lalu kan sempat ada wacana kalo ibukota negara mau dipindah ke Palangkaraya… setuju sekali biar pembangunan merata dan mengurangi kepadatan di pulau jawa.

  28. m.sodikin,kein berkata:

    I LOVE INDONESIAKU….I HATE KORUPTOR!!!!! ,,Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species, harusnya KORUPTOR buang ke laut buat santapan ikan hiu aja tuhhh,,sadissssss

  29. titisan simon berkata:

    INDONESIA banyak sepisies koruptor nya juga loh ..
    ada koruptor anjing … ada koruptor babi …
    sialan loe para koruptor karena kalian indonesia gak maju maju …

  30. qulo berkata:

    Saya yakin Indonesia hanya sedang tertidur untuk sesaat, Saya yakin kemiskinan yang kita alami sekarang adalah sebuah cobaan dari Yang Maha Kuasa untuk sebuah negeri yang sangat kaya, bahkan Saya yakin suatu saat nanti tirai bambu pun tidak akan sanggup menahan derasnya laju Sang Garuda.

  31. joy berkata:

    indonesia merupakan penghasil rempah2 terbesar di dunia,,
    so, sebagai bangsa indonesia tercinta marilah bersama2 kita bangun serta meningkatkan produksi alam dan sumber daya kekayaan alam ini.
    ^_^

  32. ewew berkata:

    Saya yakin Indonesia hanya sedang tertidur untuk sesaat, Saya yakin kemiskinan yang kita alami sekarang adalah sebuah cobaan dari Yang Maha Kuasa untuk sebuah negeri yang sangat kaya, bahkan Saya yakin suatu saat nanti tirai bambu pun tidak akan sanggup menahan derasnya laju Sang Garuda.

    ( Mudah mudahan tidurnya Gak PULAS, ato Jangan2 ntar Bangun nya d alam BARZAH )

  33. I ya sich kl di pikir2 pemimpin orde baru sama dgn dak,zal ya krn ke hancuran alam dan ke indahan ini krn keserakahan dia sama anak didikx. & smpai skrng dak,zal sdh berkuasa sb 90 % dr penguasa skrng ini anak didik dak,zal tsb. Hehehe,….

  34. sofie berkata:

    Percuma saja walau indonesia kekayaan alamnya melimpah toh tak bisa dimanfaatkan dgn baik. Pemimpinnya saja bermasalah. Yang pasti masih banyak rahasia yg belum terungkap di tanah air ini!

  35. Ki Gendroe berkata:

    masih kurang itu, seni budaya dong….saat ini yang bisa dipamerkan ke mancanegara ya budaya…wayang, tari, batik, sastra, keris, dll…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s