Memperingati Hari Ibu dengan Nyapu dan Ngepel

 

Kolam Ikan

Karena sudah berkeluarga dan sudah menempati rumah sendiri (masih milik orangtua juga) peringatan hari ibu tahun ini dirayakan dengan mengambil alih pekerjaan ibunya dzaky (istriku) selama 2 hari berturut-turut.

Proyek ini tujuan utamanya adalah mengobarkan semangat berbagi tugas dalam merawat rumah yang sudah mulai luntur akibat rasa malas dan capek. Selain itu proyek ini juga sangat membantu aku dalam melemaskan otot-otot dan juga mengeluarkan keringat yang selama ini terpendam karena jarang berolahraga.

Oh ya… proyek ini aku kerjakan sendiri tanpa sepengetahuan istriku, karena kebetulan dia kerja dan masuk pagi… dan aku juga libur panjang sampai tanggal 26.12.2007.

Hari ke-1 (21.12.2007)

Dimulai dengan membersihkan kolam ikan didepan rumah yang sudah hampir 1 bulan tidak pernah tersentuh oleh tanganku. Saking lamanya tidak pernah dibersihkan, dasar kolam penuh dengan lumut dan kadang2 ikannya hilang di sudut kiri dan muncul lagi di sudut kanan alias airnya keruh kerontang… kotor sekali hehehe…

Satu jam aku kerja bakti dikolam ini…dan hasilnya bisa dilihat di gambar atas… bersih, bening dan segar… kemanapun ikannya lari tidak akan luput dari pandanganku. Hmmm… kayaknya kalo diceritakan kayak gini bakalan bikin halaman tambah panjang, bikin pengunjung ngantuk… kayaknya lebih singkat lebih baik.

  • Abis bersihkan kolam, masuk ke dalam rumah dan meletakkan semua barang pada tempatnya.
  • Bagi yang punya anak kecil pasti sudah merasakan yang namanya panci asalnya di dapur sekarang berada di ruang tamu, mainan kecil-kecil berserakan dimana-mana, hal-hal seperti ini juga tak luput dari tanganku.
  • Jemuran kering di lantai atas, aku pindahkan ke bak dan aku turunkan di lantai bawah.
  • Sikat abis dan bersihkan kamar mandi luar dan juga kamar mandi dalam.
  • Nyapu dari dalam sampai luar rumah, mulai dari sudut-sudut yg tidak pernah tersentuh oleh sapu sampai kolong dbawah meja dan kursi.
  • Finishing… aku semprotin pengharum ruangan…. ahhh harum dan segar.

Pufff… tak terasa sudah pukul 11.30 waktunya sholat jumat, padahal aku nyemplung kolam mulai jam 8 pagi. Emang harus diakui… kalo lagi semangat tidak akan mengenal waktu. Pulang dari sholat jumat, seneng sekali masuk rumah dalam kondisi bersih dan segar.

Sorenya istriku pulang, dan dari pintu depan dia sudah senyam- senyum… “rumahnya kok bersih… abis dipel Yah ?” hahahaha… gak rugi seharian badan bau, keringetan, rambut acak-acakan, baju basah dan tampang kacau.

Hasilnya cukup mengagumkan… meskipun belum dipel, tapi dikira sudah dipel… saking bersihnya dan kayaknya bakat jadi pembantu nih… hehehe… Yaa.. jadi pembantu dirumah sendiri gak masalah.

Hari ke-2 (22.12.2007)

Tugasku hari ini gak seberat hari pertama kemaren, dibawah ini tugas yang aku selesaikan dalam waktu 3,5 jam. Tugas dimulai dari pekerjaan rutin yaitu meletakkan barang pada tempatnya, yaa betul sapa lagi kalo bukan ulahnya dzaky. Tapi aku maklum dan senang dengan tingkah laku dzaky, menandakan dia sehat, ceria dan kreatif.

Tugas berlanjut dengan menyapu dan ‘melantai’ alias mengepel lantai… tak lupa juga cucian piring yang belum sempat dicuci istriku kini menjadi tanggung jawabku, jemuran kering diatas juga sudah aku turunkan ke bawah.

Done! proyek bersih-bersih dalam rangka memperingati hari ibu terselesaikan dengan baik. Ternyata jadi Bapak Rumah Tangga gak mudah dan cukup melelahkan, apalagi kalo jadi Ibu Rumah Tangga… waahhh pasti dan pasti sangat melelahkan.

Aku sebagai lelaki terkadang merasa semuanya telah disiapkan dengan baik oleh istriku, makanan sudah disiapkan, baju sudah dicuci dan disetrika, tidur malam tidak terganggu oleh dzaky karena istriku telah menenangkan dzaky lebih dulu. Memang gak salah kalau surga berada di bawah kaki ibu.

Proyekku selama 2 hari ini kayaknya belum seberapa dbandingkan dengan proyek para ibu yang sekian lama dikerjakannya dengan tulus ikhlas.

Selamat hari Ibu.

4 thoughts on “Memperingati Hari Ibu dengan Nyapu dan Ngepel

  1. haa….haa………seru banget mas. proyek mas syam pasti jadi kado terindah bagi sang istri dan dzaky kalo bisa berbicara pasti seneng ngelihat mas syam kerja (mungkin juga ngetawain)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s