Wacik: Malaysia Akui Rasa Sayange Milik RI

Akhirnya Malesa menyerah…. lagu Rasa Sayange tetap milik Indonesia! Dan semoga peristiwa-peristiwa seperti ini bisa membuat pemerintah lebih melindungi kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia. Berikut berita dari Jawa Pos tentang pengakuan Malesa kalo lagu tersebut memang milik Indonesia.

JAKARTA – Pemerintah Malaysia akhirnya menyerah soal polemik lagu Rasa Sayange. Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Malaysia Rais Yatim telah bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Dalam pertemuan itu, Malaysia mengakui lagu Rasa Sayange sebagai lagu asli Indonesia.

Ketua Umum DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Dharma Oratmangun mengatakan, dalam kunjungan ke Malaysia, lahir kesepahaman antara Jero Wacik dan Rais Yatim. “Persoalan lagu Rasa Sayange selesai. Secara de facto, Malaysia mengakui itu milik Indonesia,” kata Dharma kemarin (12/11).

Pernyataan eksplisit Rais Yatim, menurut Dharma, disampaikan saat acara Temu Jembatan Budaya di Kuala Lumpur kemarin. Dharma merupakan salah seorang anggota delegasi kebudayaan Indonesia. “Oleh Pak Menteri (Menbudpar Jero Wacik) disampaikan bahwa sebagai negara bertetangga, semua persoalan agar diselesaikan dalam konteks masing-masing. Adapun lagu Rasa Sayange sudah bisa dipahami sebagai warisan yang dipunyai Indonesia,” jelas Dharma.

Lagu tersebut memang hidup di masyarakat secara luas hingga ke Malaysia. Karena itu, rakyat Malaysia juga mengenal dengan baik lagu tersebut. “Jadi, tidak ada masalah lagi,” tegasnya.

Jero Wacik saat dihubungi tadi malam membenarkan bahwa masalah lagu Rasa Sayange sudah tuntas. “Sebenarnya, tidak hanya masalah itu yang dibahas. Ada banyak hal,” kata Jero. Sayang, pembicaraan tidak berlanjut karena Jero sedang mengikuti jamuan makan malam.

Sebelumnya, kementerian kebudayaan Malaysia mengakui telah lalai menggunakan lagu Indonesia lainnya. Yakni, lagu Tiar Ramon karya musikus Minang, yang digunakan tarian delegasi Malaysia pada Asia Festival 2007 di Osaka.

Indonesia tidak akan memperkarakan lagu dan kesenian yang dipakai Malaysia. Sebab, Indonesia dan Malaysia masih serumpun. Hanya, Indonesia meminta, jika Malaysia menggunakan kesenian Indonesia, harus diumumkan kepada publik bahwa itu berasal dari Indonesia.

Di Malaysia, selain menghadiri Temu Jembatan Budaya, Jero Wacik membuka Indonesia Trend (Trade, Tourism, and Investment) Expo 2007 di Kuala Lumpur. Itu merupakan pameran produk-produk ekspor Indonesia ke Malaysia. (tom)

Sumber: http://www.jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=312327

8 thoughts on “Wacik: Malaysia Akui Rasa Sayange Milik RI

  1. syamsyah berkata:

    Sesuai informasi dari tulisan Jawa Pos diatas “Secara de facto, Malaysia mengakui itu milik Indonesia” sudah sangat jelas sekali.

    Milik bersama ? Perlu saya koreksi yang benar adalah “MILIK INDONESIA”. Btw, terima kasih teman telah mengunjungi blog ini.

  2. cintaindonesiA berkata:

    malaysia tuh koq hobi banget klaim budaya indonesia?abis lagu rasa sayange,batik trus yang terbaru reoq… aq sih sebenarnya kacian malaysia minim budaya hingga nyaplok budaya indonesia. gini aja deh solusinya gimana klo malaysia jadi salah satu propinsi di negara indonesia, masuk jadi propinsi termuda gitulah kan dia bisa miliki juga budaya indonesia.ok gak propinsi malaysia di nkri….

  3. Komentar khas Miranti… chuek is the best hehehehe…

    Aku pribadi sangat tdk setuju kalo mereka asal klaim… itu merupakan salah satu kekayaan bangsa ini dan harus dijaga dengan baik. Jayalah Indonesia!

  4. Yee… kita khan ga minta lahir di malaysia atau di indonesia.
    So ga relevan dong kalo kait2 kan itu spt itu.

    Maka na gw bilang jg selama itu ga di komersilkan / dipalakin. Ya terserah aja lah siapa mo klaim apa. Toh semua jg tau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s