Mahasiswa Indonesia Juarai Kompetisi Coding Dunia

Orlando, AS – Bangsa Indonesia boleh bangga. Berkali-kali unjuk gigi di ajang kompetisi coding dunia, kini giliran Junius Albertho, mahasiswa Universitas Sumatera Utara jurusan Ilmu Komputer yang berjaya.

Junius memenangkan salah satu komponen dalam ajang tarung memperebutkan supremasi tertinggi dalam bidang programming dan design tingkat mahasiswa seantero jagad, TopCoder Collegiate Challenge 2007. Untuk tahun ini yang berakhir 3 November 2007, perhelatan tersebut digelar di Disney World, Orlando, Amerika Serikat dan di sponsori oleh Lilly, Deutsche Bank serta NSA.

Junius yang menggunakan nama sandi ‘abedavera’ memenangkan kompetisi TopCoder Studio Design Champion dengan membawa uang sebesar US$ 15.000 atau sekitar Rp 137.610.000 (1 US$ 9.174, sumber detik.com). Junuis mengungguli para lawannya dalam kompetisi web kreatif serta desain grafis.

Putra bangsa lain juga dalam kompetisi Studio Design termasuk Arif Widianto alias ‘oton’ dari Universitas terbuka, yang juga merupakan runner up TopCoder open 2007 di Las Vegas. Sementara komponen pertandingan lain seperti Marathon Match dan Algorithm Competition tidak diikuti finalis asal Indonesia.


Di tahun ini, terdapat 5 komponen pertandingan. Selain Junius yang menang dalam kompetisi TopCoder Studio Design, dalam TopCoder Algorithm Competition dimenangkan oleh Tetr Mitrichev dari Moscow State University, Software Component Design diungguli oleh Nikolay Archak dari New York University, Software Component Development dimenangkan oleh Ninghai Huang dari Jiangsu Haimen – Cina serta Marathon Match diungguli oleh Michael Skinner asal University of Washington – Amerika Serikat.

“Atas nama Lilly, Deutsche Bank, NSA, dan seluruh komunitas TopCoder yang lebih dari 128.000 member, kami ingin mengucapkan selamat kepada seluruh finalis untuk kehebatannya di TopCoder Collegiate Challenge tahun ini,” ujar Rob Hughes, president dan COO TopCoder seperti dikutip detikINET dari EarthTimes, Selasa (6/11/2007). ( amz / amz )

Sumber: http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/11/tgl/06/time/121259/idnews/849018/idkanal/398

2 thoughts on “Mahasiswa Indonesia Juarai Kompetisi Coding Dunia

  1. syamsyah berkata:

    Salut! Kata yang tepat untuk prestasi-prestasi seperti ini apalagi di tingkat dunia! Untuk itulah aku sengaja membuat kategori Indonesiaku, untuk arsip prestasi-prestasi terbaik anak bangsa.

    Dan semoga pemerintah memberikan apresiasi khusus dan lebih perhatian untuk generasi muda yang berprestasi di tingkat dunia.

    Jayalah Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s