Suspect Penyakit Kawasaki ?

Tanggal 11/10/2007 sebenarnya kondisi dzaky udah agak baikan, panasnya udah turun, matanya udah gak merah lagi, sariawannya juga udah hilang tinggal pileknya aja itupun kalo lagi nangis. Tapi yang bikin kawatir adalah tubuhnya lemas dan tidak mau berdiri atau jalan-jalan, pengennya cuman tiduran di kasur dan rewel terus.

Karena khawatir terjadi apa-apa, dzaky kami ajak ke Dr. Dina lagi. Melihat beberapa hari ini dzaky bolak-balik ke dokter dan melihat gejalanya seperti itu, Dr. Dina menduga kemungkinan… masih kemungkinan… dzaky terkena penyakit Kawasaki. Dan bilang kalo penyakit ini cukup berbahaya… wahhh mendengar informasi kayak gitu bikin tambah khawatir aja… palagi mamanya… hampir nangis mendengar penyakit kawasaki ini berbahaya dan kalo terlambat bisa merusak jantungnya.

Pantesan aja, saat memeriksa dzaky dan juga dari keluhan-keluhan yang kami sampaikan, wajahnya berubah menjadi serius. Dr. Dina ini orangnya halus dan lembut… jadi kelihatan sekali perubahan raut wajahnya.

Oh ya dzaky ini sangat gampang sekali nempel kalo yang ngajak itu cowok, gak peduli cowok itu muda atau tua… kalo mau digendong selalu nurut dan ngikut. Berbeda sekali kalo yang ngajak itu cewek… butuh trik-trik khusus agar dzaky mau digendong. Karena itu saat diperiksa oleh Dr. Dina, dzaky nangis terus.

Daripada bikin bingung dokternya, dzaky aku aja keluar ruangan… biar mamanya yang konsultasi ama Dr. Dina didalam. Dari konsultasi dengan Dr. Dina, penyebab penyakit ini adalah udara atau hawa… belum bisa dipastikan udara / hawa seperti apa yang menyebabkan penyakit Kawasaki.

Sebelum pulang Dr. Dina bilang “Kalo besok masih panas tinggi dan matanya merah, segera bawa kesini lagi. Dan jika besok tidak ketemu dengan saya, langsung bawa ke UGD. Tapi kalo udah turun, senin aja kontrol lagi kesini”.

Pernyataan itulah yang bikin aku tambah khawatir, kayaknya ini bukan penyakit biasa dan cukup berbahaya. Sampai dirumah, aku langsung tancepin kabel telpon ke laptop, dial ke TelkomNET dan buka Google dengan keyword “Penyakit Kawasaki”.

Hasil dari pencarian tadi cukup banyak dan informatif. Persis seperti yang disampaikan Dr. Dina, gejala-gejala penyakit Kawasaki adalah :

  • Panas tinggi selama beberapa hari
  • Bibir merah dan lidah merah
  • Mata merah tapi tidak disertai kotoran
  • Batuk pilek
  • Bercak merah ditubuh
  • Jika parah kulit tangan dan kaki akan mengelupas

Memang gak semua gejala-gejala diatas ada pada kondisi dzaky, kondisi fisik dzaky saat sakit seperti dibawah ini :

  • Panas naik turun selama 4 hari
  • Pilek dan sedikit batuk
  • Mata merah tanpa kotoran dan bibir merah
  • Mual dan muntah-muntah

Dari kondisi fisik dzaky seperti diatas, gak salah kalo Dr. Dina menduga dzaky terkena penyakit Kawasaki. Ya Allah berilah dzaky kesembuhan atas penyakitnya ini, Ya Allah kembalikan keceriaan dzaky, Ya Allah berilah kekuatan pada keluarga kami untuk tetap sabar atas cobaan ini dan bersyukur atas semua nikmat yang Engkau berikan.

8 thoughts on “Suspect Penyakit Kawasaki ?

  1. mas… keponakan saya (Illa) juga didiagnosa kawasaki. Sekarang masih dirawat di RS Internasional Bintaro, ditangani oleh dr. Najib Advani. Saya juga banyak mencari info ttg penyakit ini di internet. Seram ya penjelasan2 ttg penyakit kawasaki. Apalagi kalau sudah akut bisa kena jantung koroner.

    Illa sendiri kondisi kesehatannya tidak stabil semenjak sakit cacar setahun lalu. Sejak saat itu ia sering sakit2an, termasuk bemasalah di saluran pernapasannya.

    Hingga kini kakak saya (ibunya Illa) masih terus mencari 2nd opinion. Herannya, ketika berkonsultasi dengan dokter spesialis paru2, dokter itu mengatakan kalau Illa tidak terkena kawasaki. Jadi dia menganjurkan untuk tidak diberikan IVIG karena termasuk obat keras.

    Terakhir kakak saya membawa Illa ke RS Pondok Indah untuk memeriksakan jantungnya. Sebelumnya ia juga memeriksakan Illa ke RS Harapan Kita. Sekarang kami sedang menunggu hasil keduanya. Semoga semuanya baik-baik saja.

    Sedih rasanya melihat keponakan yang baru berusia 7th harus tergeletak di RS..

  2. Mbak Elsara, dari beberapa tulisan tentang Penyakit Kawasaki(PK)… anda sudah memilih dokter yang tepat. Dari beberapa tulisan tersebut… sering disebut-sebut dr Najib yang sudah berpengalaman dalam PK.

    Waduhh… kalo inget2 anak saya dulu suspect PK… rasanya pikiran tidak karuan dan mikir yg nggak2.. untungnya anakku gak sampe positif… agak lega..

    Kalo boleh tahu kondisi kesehatannya seperti yang dialami anakku (dzaky) seperti… panas, lemas, mata merah ??

    Aku ikut merasakan… bagaimana sedihnya orangtua jika anak kesayangan sakit yg cukup berat… semoga keponakan mbak elsara diberi kekuatan dan kesembuhan…

  3. Kakak saya mengabarkan kalau anaknya hr ini keluar dr RS. Tp smp skrg belum ada kepastian mengenai penyakitnya. Alhamdulillah hasil pemeriksaan jantung (RSPI) dinyatakan negatif, alias baik2 saja.

    Selama sakit, illa memang panas, lemas, dan badan serta matanya kemerahan.

    Hingga kini Kakak saya msh berusaha utk konsultasi ke berbagai dokter. Kalau boleh tahu, dr. Dina itu praktek dimana ya mas? Dan saya jg butuh no kontak mas esam utk kakak saya. Kalau tdk keberatan, tlg kontak saya di email ini. Kakak saya ingin sharing (sesama orgtua) mengenai penyakit ini, mengingat dzaky dulu pernah diduga kena kawasaki.

    Terimakasih ya mas!🙂

  4. Alhamdulillah kalo udah keluar dari RS… ya semoga tambah enakan laahh… saya kebetulan di surabaya dan Dr. Dina praktek di Poliklinik RKZ jalan ciliwung.

    Silahkan kalo mau sharing… sapa tau dapet informasi yg penting…

  5. watie berkata:

    wah jaman searang penyakit kok macem macem ya? jadi harus waspada sama buah hati kita. Semoga ini tidak terjadi pada anak2ku.amien

  6. galuh berkata:

    pak tolong email saya nmr yg bisa saya hub i anak sy dah panas 8 hr naik turun dan skrg dah rawat inap di RS bali.mata jg merah dan bibir merah jg.timbul tenggelam sempat bercak merah bbrp hari ilang.sy pgn sharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s