Lowongan di Pertamina EP

PERSYARATAN CALON PEKERJA PERTAMINA EP (FRESH GRADUATE).

I. PERSYARATAN UMUM :

1. Sarjana Teknik (S1) lulusan ITS dan Brawijaya. Terdiri dari jurusan :

  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Geologi
  • Teknik Geofisika
  • Teknik Geodesi
  • Teknik Mesin (Konversi)
  • Teknik Elektro (Arus Kuat)
  • Teknik Kimia
  • Teknik Sipil
  • Teknik Fisika/Instrumentasi
  • Teknik Pertambangan
  • Teknik Industri

2. IPK minimum 2,75 pada skala 4,00
3. Mampu berbahasa Inggris secara aktif, baik lisan maupun tulisan
4. Usia maksimal 27 tahun (maksimal kelahiran tahun 1980)
5. Berbadan sehat, tidak buta warna, dan bebas narkoba

Baca lebih lanjut

Iklan

LPAD – Format angka dengan 0 didepan (Posting Jadul)

Fungsi LPAD ini sebenarnya mirip dengan fungsi FORMATFLOAT di delphi, yang akan melakukan format angka sesuai keinginan kita. Biasanya aku menggunakan fungsi ini untuk membuat periode yang terdiri dari gabungan tahun dan bulan seperti 0401. Jika dilakukan SELECT seperti biasa tanpa LPAD, maka akan menghasilkan 041, sebenarnya gak masalah jika bulan tersebut lebih besar samadengan 10 karena akan tercetak 2 digit menjadi 0410. Terus gimana caranya biar ada angka 0 didepan jika bulan tersebut lebih kecil samadengan 9 ? Gunakan fungsi LPAD dengan syntax seperti dibawah ini :

LPAD(n,m,o)

n: Angka yang akan diformat
m: Banyaknya digit yang ditampilkan
o: Angka penambah spasi, bisa 0 (nol) atau lainnya

Biar jelas, aku kasih contoh membuat sebuah kolom PERIODE yang diambil dari kolom dengan tipe DATE yg merupakan gabungan tahun dan bulan. Anggap saja ada tabel T_TESTING dengan salah satu kolom… anggap aja TGLENTRY dengan tipe DATE, untuk detilnya lihat perintah SELECT dibawah yang akan menghasilkan record dengan format YYMM (eg: 0410).

SELECT SUBSTRING(EXTRACT(YEAR FROM TGLENTRY) FROM 3 FOR 2) ||
LPAD(EXTRACT(MONTH FROM TGLENTRY),2,0)
FROM T_TESTING

Membuat crosstab query (Posting Jadul)

Umumnya setiap bulan, si bos biasanya minta laporan penjualan bulan kemaren. Dan biasanya jenis laporan yang diinginkan adalah hasil penjumlahan ataupun pengelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, sehingga memudahkan dalam membaca laporan tersebut dengan cepat tanpa perlu mengetahui detil transaksi yang cukup banyak.

Dalam istilah database, untuk jenis laporan diatas disebut juga dengan crosstab report. Dan untuk membuat crosstab report maka diperlukan juga crosstab query, seperti apa sih modelnya crosstab query itu ?? Untuk mempermudah penjelasan, sengaja aku buat contoh sederhana, selanjutnya silahkan kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan di perusahaan anda.

Misalkan ada sebuah toko serbaguna yang menjual beraneka macam dan ragam kebutuhan hidup, seperti pensil, buku dan alat komunikasi HaPe. Silahkan liat tabel dibawah ini dan anggap saja tabel dibawah ini adalah tabel transaksi penjualan dan kita namai aja TBL_JUAL.

Pelanggan Barang Qty
------------------------------
Sembara      Pensil        12
XeroisNOcute Buku          45
SyamSyah     Handphone     12
Yudha        Buku           5
NOCuteangels Handphone      7
Bento        Handphone      9
ModBLog      Pensil         9
SyamSyah     Handphone      3
SyamSyah     Book          45

Dari tabel diatas si bos minta laporan dengan format seperti ini:

Pelanggan Buku Handphone Pensil
------------------------------------
Sembara      NULL      NULL      12
XeroisNOcute   45      NULL    NULL
SyamSyah       45        15    NULL
Yudha           5      NULL    NULL
NOCuteangels NULL         7    NULL
Bento        NULL         9    NULL
ModBlog      NULL      NULL       9

Nah… bikin crosstab query-nya gimana ???

Baca lebih lanjut

Lowongan di Bank Swasta Nasional – SGS10709

Untuk kalian yang belum bekerja ataupun yang ingin meloncat ke perusahaan tempatku bekerja, silahkan buat lamaran kerja dan CV yang lengkap selanjutnya kirim ke emailku di syamsyah@gmail.com. Paling lambat tanggal 21/09/2007 pagi lamaran sudah masuk di emailku.

** Menanggapi beberapa pertanyaan dari temen-temen, aku perjelas aja perusahaannya adalah Bank Niaga. Dan lamaran dikirim ke:

Human Resources
PT. Bank Niaga

Dibawah ini ada beberapa posisi yang ditawarkan dan juga persyaratannya.

Baca lebih lanjut

Kupu-Kupu Malam

Kemaren malam pulang dari rumah sodara n pas buka pagar, aku kaget ada kupu-kupu yang gak seperti biasanya dan yg bikin menarik… bulu-bulunya lebat dan halus sekali. Ukurannya juga 3 kali lipat kupu-kupu biasa! serta ada lubang-lubang transparan yang membuatnya makin cantik! Dan kebetulannya lagi, ditanganku ada kamera digital… langsung aja aku parkir sepeda. Kamera aku setel untuk obyek dekat… dan jepret sana jepret sini, hasilnya dapat dilihat seperti diatas.

Sebenarnya masih banyak ‘pose’ yang lain, cuman karna keterbatasan ruang dan waktu aku hanya upload gambar diatas aja. Oh ya klik disini untuk gambar yang lebih besar dan juga koleksi foto lainnya.

Mengantuk

Hari ini ngantuk poolll… gimana gak ngantuk wong tadi bangun jam 3 pagi terus sahur, jam 04:30 ngantar Mamanya Dzaky kerja, kebetulan Mama Dzaky masuk pagi jam 05.30 sampe jam 1 siang.

Nyampe rumah, Dzaky udah bangun n kebiasaan kalo bangun pagi terus jalan-jalan didepan rumah sambil bawa serok sampah kering… hehehe dasar anak-anak. Jam 7 pagi mandi n langsung berangkat kerja, efeknya jam 11 siang ngantuk polll.

Oh ya model diatas adalah Dzaky Putra, abisnya cari gambar orang ngantuk di google gak ada yang cocok dan ternyata gambar Dzaky malah lebih oke… hehehe…

Marhaban Ya Ramadhan 1428 H

Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 1428 H

Wahhh tak terasa ramadhan 1428 telah datang, dan sebelum memulai puasa ramadhan mohon dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya agar ramadhan kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Allahumma sallimnii ilaa ramadhan wa sallimlii ramadhan wa tusallimhu minni mutaqabbala, Ya Allah, selamatkanlah aku ke bulan Ramadhan, dan selamatkanlah Ramadhan bagiku, dan terimalah Ramadhan itu dariku”.* Amin.

* Doa orang saleh ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Amin.